Milan (ANTARA News) - sama-sama mengusung optimisme, baik AC Milan maupun Juventus mengapungkan asa di ajang Liga Italia (Serie A) untuk membuktikan ujaran bahwa setiap laga menyimpan rahasia pergulatan kehidupan, antara kalah, imbang atau menang.

Tidak ada prediksi yang cespleng karena dua raksasa sepak bola Serie A ngotot ingin meraih kemenangan. Dan kemenangan membius kedua tim untuk mengeluarkan segala upaya agar membawa pulang kemenangan.

AC Milan berhadapan dengan Juventus dalam laga Serie A yang diadakan di Stadion San Siro, pada Minggu dini hari, pukul 01.45 WIB. Laga akan ditayangkan Kompas TV.

Milan mampu menunjukkan performa mengkilap dengan mengalahkan Lazio dan menundukkan Parma. Dua kemenangan tentu saja mendidihkan semangat para pendukung fanatik skuad asuhan pelatih Filipo Inzaghi itu.

Rekrutan anyar Milan, Jeremy Menez telah melesakkan tiga gol dalam dua pertandingan. Pada Januari, kedatangan Keisuke Honda memberi tambahan optimisme, karena penampilannya banyak disebut-sebut telah ngepas benar dengan cengkok sepak bola Italia. Ia telah mencetak dua gol dan mampu menciptakan assist dalam dua pertandingan.

Setelah absen dalam laga pekan lalu karena mengalami cedera ringan ketika membela Gli Azzurri, ternyata El Shaarawy bakal bergabung dalam "starting XI" menghadapi Juventus.

Milan buka tanpa masalah. Lopez bakal absen, karena itu posisinya akan diisi oleh Christian Abbiati. Selain itu, di lini pertahanan, Daniele Bonera boleh jadi absen karena terkena larangan bertanding, sementara rekrutan anyar Alex belum pulih benar dari cedera. Baik Christian Zapata maupun Adil Rami bakal memperkokoh pertahanan.

Juventus bukan tanpa optimisme. Calcio begitu lekat dengan Juventus. Peran Paul Pogba demikian krusial sebagai gelandang. Namanya banyak disebut sebagai gelandang nomor wahid di kawasan Eropa.

Sementara Carlos Tevez mampu mengakhiri masa pacekliknya mencetak gol pada pekan ini. Kepercayaan dirinya terus meningkat. Ia tidak tidak akan begitu saja mengecewakan kepercayaan dari pelatih Massimiliano Allegri.

Hanya saja, Juventus bukan tanpa masalah. Ada ujaran menarik, "Tanpa kehadiran Pirlo, tidak ada pesta, tidak ada kemenangan?" Pirlo yang dibaptis sebagai maestro Italia tidak memperkuat timnya karena dihadang cedera.

Sementara gelandang asal Chile Arturo Vidal masih berkutat dengan cedera. Kalau Milan punya waktu istirahat selama enam hari, dan Juventus hanya punya empat hari istirahat. Faktor ini tentu saja mempengaruhi kebugaran pemain.

Prakiraan susunan pemain:

* AC Milan (4-3-3):
Abbiati (penjaga gawang); Abate, Rami, Zapata, De Sciglio; Poli, De Jong, Muntari; Honda, Menez, El Shaarawy.
Pemain cadangan:Agazzi, Gori, Mexes, Zaccardo, Albertazzi, Armero, Essien, Van Ginkel, Bonaventura, Torres, Pazzini, Niang

* Juventus: (3-5-2):
Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Pogba, Marchisio, Pereyra, Asamoah; Llorente, Tevez
Pemain cadangan: Storari, Rubinho, Evra, Ogbonna, Barzagli, Vidal, Padoin, Pepe, Coman, Romulo, Giovinco, Morata.

Komentar dua pelatih:

* Inzaghi (AC Milan):
"Pertandingan ini bakal berlangsung sengit karena kami melawan Juventus. Sungguh pertandingan ini memerlukan perjuangan ekstra keras. Saya harus berbicara kepada para pemain agar mereka bertanding penuh semangat."

"Tidak mudah juga membobol gawang yang dijaga Buffon. Ia penjaga gawang hebat. Dan mengenai dia (Menez). Penampilannya tidak terlalu membuat saya terkejut, saya percaya penuh kepada kualitas penampilannya."     

* Massimiliano Allegri (Juventus):
"Saya berharap Pirlo dapat pulih pada pekan mendatang. Vidal? Saya akan memutuskannya keesokan hari mengenai tampil tidaknya ia dalam pertandingan besok."

"Mengenai dia (Inzaghi), saya berharap dia memperoleh keberuntungan, mungkin besok ia mendapatkannya. Pertandingan melawan mereka (Milan) bukan hal yang biasa-biasa saja. Saya bukan robot, saya manusia, dan saya menghabiskan selama 3,5 tahun di Milan."

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* AC Milan 2-1 Juventus (17,88 persen)
* AC Milan 2-0 Juventus (14,87 persen)
* AC Milan 0-2 Juventus (10,72 persen)

Head to Head:

Serie A (SR-A)
2 Maret 2014     AC Milan 0 - Juventus 2     
6 Oct 2013     Juventus 3 - AC Milan 2     
21 Apr 2013     Juventus 1 - AC Milan 0     
25 Nov 2012     AC Milan 1 - Juventus 0

Coppa Italia ?(ITAC)
9 Jan 2013     Juventus 2 - AC Milan 1     

* Lima laga terakhir:     

AC Milan:
14 Sep 2014    Parma 4 - AC Milan 5    SR-A
31 Aug 2014    AC Milan 3 - Lazio 1    SR-A
17 Aug 2014    Valencia 2 - AC Milan 1    FRC
2 Aug 2014    AC Milan 0 - Liverpool 2    ICC
27 Jul 2014    AC Milan 1 - Manchester City 5    ICC

Juventus:
16 Sep 2014    Juventus 2 - Malmo FF 0    UCL
13 Sep 2014    Juventus 2 - Udinese 0    SR-A
30 Aug 2014    Chievo 0 - Juventus 1    SR-A
10 Aug 2014    A-League All Stars 2 - Juventus 3    HF
6 Aug 2014    ISL All Stars 1 - Juventus 8    HF
   
 
Prediksi laga:

* Milan siap tampil ngotot melawan Juventus. Mereka berharap dapat meraup tiga poin penuh, hanya saja Juventus bukan tim kacangan.

* Milan diharapkan mampu melawan dirinya sendiri, karena telah kebobolan lima gol, dan gagal memanfaatkan tendangan penalti. Inzaghi perlu bekerja ekstra keras dengan membenahi jantung pertahanan.

* Juventus punya sederet pemain berpengalaman. Dan Allegri meneruskan saja skema permainan yang telah ditanamkan oleh Conte. Taktik Juventus di bawah Conte demikian menakutkan karena memeragakan agresivitas dalam menyerang.

* Juventus memerlukan waktu istirahat karena mereka baru saja bertanding di laga Liga Champions. Apakah mereka benar-benar telah bugar. Ini yang akan dimanfaatkan oleh para pemain depan Milan untuk memorakporandakan pertahanan Juventus.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* AC Milan: 0
* Juventus: 2   

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014