Teheran (ANTARA News) - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, Senin menyatakan harapan bahwa Iran dan enam negara dunia (dikenal sebagai P5+1) akan menyetujui kesepakatan komprehensif tentang program nuklir Teheran.

Berbicara dalam konferensi pers mingguannya, Hua mengatakan perundingan mengenai program nuklir Iran telah mencapai tahap kritis.

Beijing tertarik dalam mencari solusi akhir untuk sengketa nuklir antara Iran dan Barat dengan membawa pandangan mereka mendekat satu sama lain lebih dulu, kata Hua.

Dia menyinggung putaran terakhir perundingan nuklir Iran dengan P5+1 dan Uni Eropa baru-baru ini yang diadakan di New York dan mengatakan, bahwa meskipun pertemuan gagal membuat kemajuan besar, semua pihak menunjukkan pendekatan yang serius dan realistis.

Juru bicara Tiongkok mengutip kejujuran, rasionalisme, inovasi diplomatik dan membawa pandangan lebih dekat bersama-sama sebagai faktor kunci berkontribusi untuk mencapai kesepakatan yang komprehensif.

Menurut ketentuan kesepakatan sementara yang dicapai antara Iran dan P5 + 1 di Jenewa November lalu (dikenal sebagai Rencana Aksi Bersama), kedua pihak harus menyetujui kesepakatan komprehensif sampai dengan 20 Juli.

Namun, mereka setuju untuk memperpanjang negosiasi selama empat bulan dan menjadwalkan 24 November sebagai batas waktu untuk menutup tanggal sengketa program nuklir Teheran itu.

P5+1 terdiri lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB: Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, Tiongkok ditambah Jerman.

Mereka mencurigai program nuklir Iran dijadikan kedok untuk memproduksi senjata nuklir, sementara Teheran berkali-kali meyakinkan bahwa program nuklirnya untuk kepentingan damai. Demikian diberitakan IRNA.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014