Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengharapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia bisa menargetkan Indonesia berada di posisi tiga besar pada Asian Games 2018 di Jakarta.

"Tadi saya minta mereka pada Asian Games 2018 nanti target kita harus urutan kedua," katanya seusai melakukan rapat dengan pengurus KONI di Balaikota Jakarta, Kamis.

Menurutnya, setidaknya Indonesia bisa masuk dalam rangking sembilan pada saat Asian Games yang terjadi di Korea baru-baru ini.

Indonesia sendiri saat mengikuti Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, berada di rangking 17 dengan perolehan medali 4 emas, 5 perak dan 11 perunggu.

Sampai saat ini fokus dari pemerintah provinsi DKI sendiri adalah mengirim atletnya untuk berlatih keluar negeri.

"Tiongkok dan Australia sudah menawarkan kepada kita, apa pelatihnya datang atau kita kirim sana," tambahnya.

Atlet yang dikirim juga menurut Ahok harus mengikuti tes psikotes agar atlet-atlet tersebut memiliki hati nurani dan militansi dalam bertanding.

Terkait cabang olahraga mana saja yang akan dikirim untuk berlatih, Ahok mengatakan KONI sendiri akan menentukan cabang apa saja yang dikirim.

"Pertama kita cari cabang olahraga yang atletnya mau dikirim, kedua yang sudah kita bantu dananya itu harus sudah berhasil, jadi yang sudah berhasil justru kita dorong.

(SDP-78/N002)

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014