Yogyakarta (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Daerah Istimewa Yogyakarta menjalin kerja dengan Kadin Madinah Arab Saudi dalam bidang industri, konstruksi, teknologi, teknologi informasi, dan makanan.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Ketua Kadin DIY Gonang Djuliastono dan Ketua Kadin Madinah Muhammad Farachk Khuthorawi di Yogyakarta, Senin, disaksikan Konjen Indonesia di Jeddah Dharma Kifri dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Didiek Poerwadi.

Gonang mengatakan setelah nota kesepahaman antara Kadin DIY dengan Kadin Madinah ditandatangani akan ada tindak lanjut sesuai dengan hasil pembicaraan kedua organisasi tersebut yang telah dirintis sejak 3-4 bulan lalu.

Menurut dia, sebenarnya Kadin DIY telah lama menjalin komunikasi kerja sama dengan Kadin Madinah. Bahkan Kadin DIY telah berkunjung ke Kadin Madinah dan diterima Wakil Ketua Kadin Muhammad Ali.

"Jadi sangat tepat Kadin Madinah menjalin kerja sama dengan Kadin DIY karena Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pariwisata, budaya, pendidikan juga kota industri kreatif sehingga kerja sama itu menjadi peluang usaha bersama yang saling menguntungkan," katanya.

Dharma Kifri mengatakan pihaknya mengapreasiasi terjalinnya kerja sama antara Kadin DIY dengan Kadin Madinah.

Menurut dia, hal itu membuktikan adanya kedekatan mendalam antara DIY, Indonesia, dengan Madinah, Arab Saudi, bukan hanya antarpemerintah, tetapi juga antarmasyarakat.

"Kerja sama itu diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal, tidak hanya dalam pembangunan ekonomi, perdagangan, dan investasi di kedua wilayah tetapi juga memberikan nilai kemanfaatan pembangunan nasional di kedua negara," katanya.

(B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014