Baghdad (ANTARA News) - Tentara Irak berhasil menggagalkan serangan sengit para petempur Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) terhadap kilang minyak di Baiji di Provinsi Salahuddin, utara Baghdad, kata satu sumber keamanan.

Para militan ISIS melancarkan serangan terhadap kilang Baiji dengan empat kendaraan jebakan ditambah dengan tembakan berat, tetapi aparat keamanan yang melindungi fasilitas itu menggagalkan serangan tersebut, kata sumber pada Komando Operasi Salahuddin kepada kantor berita Kuwait KUNA.

Regu-regu antiterorisme baku tembak dengan militan ISIS, tambahnya.

Sementara itu, kementerian dalam negeri Irak membantah laporan bahwa orang-orang bersenjata ISIS sampai di pinggiran Baghdad dan bahwa ada bentrokan di dekat Bandar Udara Internasional Baghdad.

Menurut laporan AFP sebelumnya, para militan ISIS Selasa telah berada di kota Amriyat al-Fallujah, salah satu yang terakhir masih dikuasai pemerintah di provinsi bermasalah Anbar, kata kepala polisi Irak.

"ISIS telah datang dari tiga arah, kami hampir terkepung," kata Aref al-Janabi kepada AFP melalui telepon.

Amriyat al-Fallujah terletak sekitar 35 kilometer (20 mil) barat perbatasan Baghdad, dan militan ISIS harus menguasai bentangan darat signifikan yang dikendalikan pemerintah sebelum mencapai ibu kota.

Pasukan pemerintah menderita serangkaian kemunduran militer di Anbar dalam beberapa pekan terakhir sehingga mendorong beberapa pejabat memperingatkan bahwa seluruh provinsi bisa jatuh dalam beberapa hari ini.

(H-AK/H-RN)



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014