YIWU, China, 16 Oktober 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- Ditandai dengan mekarnya bunga osmanthus di musim gugur, Yiwu Fair ke-20 telah merampungkan persiapannya dan siap untuk acara utama. Event yang akan berlangsung dari 21-25 Oktober ini merupakan salah satu pameran produk konsumen yang paling efektif dan berpengaruh di dataran Tiongkok. Event ini telah sukses menghadirkan 19 sesi di tahun-tahun sebelumnya. Dengan pesona uniknya, Yiwu Fair juga menarik perhatian para pembeli domestik maupun luar negeri, dan berkembang sebagai sebuah wadah perdagangan penting bagi banyak perusahaan untuk mengeksplorasi pasar domestik (Tiongkok) maupun internasional.

Karakteristik Yiwu Fair
Sebagai pameran perdagangan internasional besar pertama di Tiongkok, Canton Fair dipandang sebagai barometer perdagangan luar negeri. Bertumpu pada pasar Yiwu, Yiwu Fair telah menjadi tolok ukur bagi komoditas global. Keuntungan dari Yiwu Fair terletak pada perekonomian regional Yiwu yang unik. Perkakas, peralatan elektronik dan listrik; pakaian rajut, perhiasan dan aksesoris perhiasan; kerajinan tangan; kebutuhan sehari-hari; budaya, produk-produk olahraga dan aktivitas outdoor; serta industri-industri lainnya turut dipamerkan di Yiwu Fair. Melalui keuntungan aglomerasi industri, para penjual dapat menghemat banyak biaya pengadaan.

Selain itu, pasar Yiwu memiliki jaringan perdagangan yang erat antara pasar domestik dan luar negeri. Selama bertahun-tahun Yiwu Fair selalu berhasil meraih pekerjaan dari organsiasi luar negeri, dan menekankan pada peningkatan jumlah para pembeli internasional yang berkualitas. Keuntungan alamiah dari Yiwu Fair tidak boleh diabaikan oleh para pembeli -- 75.000 booth dengan 1,8 juta jenis komoditas.

Hubungan yang Saling Melengkapi Antara Yiwu Fair dan Canton Fair
Sejak Yiwu Fair naik level menjadi pameran internasional pada tahun 2002, para pembeli luar negeri berbondong-bondong berpartisipasi dalam pameran ini dan kesempatan perdagangan semakin meningkat seiring dengan waktu. Berdasarkan statistik, Yiwu Fair ke-19 berhasil menarik sebanyak 196.957 konsumen dari 203 negara dan wilayah, jumlah ini meningkat sebesar 1,76%, di mana jumlah pengusaha asing sebesar 22,201, meningkat sebesar 6,3%. Hingga saat ini, kedua pameran ini memiliki keunggulannya masing-masing dan keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Banyak pedagang yang menganggap Yiwu Fair sebagai alternatif yang tepat bagi Canton Fair. Kedua pameran tersebut dianggap saling melengkapi satu sama lain dalam tiga aspek: 1) perusahaan yang mengikuti pameran; 2) para pembelinya; 3) waktu pelaksanaan pameran.

Hal ini diyakini setelah bertahun-tahun akumulasi, Yiwu Fair telah memperoleh signifikansi yang tidak tergantikan dalam pasar bisnis global.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi en.yiwufair.com.


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014