Memang kebanyakan pengguna Opera Mini itu masih di feature phone
Jakarta (ANTARA News) - Pengguna aplikasi perambah internet ponsel Opera Mini melalui berbagai jenis ponsel pintar kini mencapai 26 persen keseluruhan pengguna mereka di Indonesia yang terdapat sekitar lebih dari 30 juta orang.

Kontribusi 26 persen total pengguna itu meningkat dari 10 persen di 2013 lalu, yang mulai memupus kesan Opera Mini di sebagian besar masyarakat aplikasi perambah internet jaman lawas.

"Memang kebanyakan pengguna Opera Mini itu masih di feature phone semacam Nokia Asha dan sejenisnya, tetapi dari tahun ke tahun mengalami pergeseran penggunaan Opera Mini di smartphone bertambah," kata Manajer Komunikasi Indonesia Opera Software, Agnes Agastia, di Jakarta, Kamis.

Ponsel pintar bersistem operasi Android, mengalami peningkatan paling signifikan dalam penggunaan Opera Mini di Indonesia, yakni meningkat hingga 156 persen selama Juli 2013--Juli 2014.

Pada periode yang sama, pertumbuhan pengguna Opera Mini di iOS dan Blackberry masing-masing mencapai 71 persen dan 54 persen.

Guna menyasar pengguna ponsel pintar, pihak produsen piranti lunak yang bermarkas di Oslo, Norwegia itu, berupaya menyisipkan konten lokal lebih banyak demi memudahkan para pengguna.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014