Gerobak makanan yang disediakan gratis untuk masyarakat ini bisa ditemui sepanjang jalur Bundaran HI-Monas dan di lapangan Monas."
Jakarta (ANTARA News) - Syukuran Rakyat menyambut pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober ditargetkan masuk rekor dunia sebagai pesta rakyat terakbar mengantar presiden ke istana.

"Kami sudah kontak dengan tim Guinness World Records," kata Koordinator Divisi Daerah dan Museum Rekor Indonesia (Muri) Panitia Nasional Pesta Rakyat, Ferdinand Hutahaean di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan ada tiga kategori yang akan didaftarkan masuk sebagai rekor dunia yakni jumlah orang yang hadir dalam pesta rakyat, jumlah lampion yang diterbangkan, dan jumlah penyedia makanan tradisional.

Panitia menargetkan sebanyak 200 ribu orang akan mengikuti pesta rakyat menyambut pemimpin baru pada 20 Oktober 2014 yang dipusatkan di lapangan Monumen Nasional (Monas).

Rencananya, masyarakat akan mengarak Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla mulai dari Bundaran Hotel Indonesia hingga ke Monas dengan acara kirab nasional.

Menurut panitia, terdapat 870 gerobak makanan tradisional seperti bakso dan mie ayam yang menyediakan makanan gratis.

"Gerobak makanan yang disediakan gratis untuk masyarakat ini bisa ditemui sepanjang jalur Bundaran HI-Monas dan di lapangan Monas," kata  Hutahaean.

Sementara itu, jumlah lampion yang diterbangkan pada Senin (20/10) sekitar pukul 19.00 WIB mencapai 17.480 lampion.

Pelepasan lampion yang digelar di 31 daerah tersebut juga ditargetkan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Kami masih komunikasi dengan Guinness World Records apakah parameternya cukup dari laporan Muri atau perlu lainnya," tambahnya.

Pesta Rakyat menyambut presiden baru direncanakan digelar usai pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung DPR.

Setelah acara ramah tamah usai di Gedung DPR, pemimpin baru itu akan menghadiri pesta rakyat yang diawali dengan kirab nasional mulai pukul 12.00 WIB.

Presiden Terpilih Joko Widodo dan Ny. Iriana Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla dan Ny.Mufidah Kalla akan mengendarai kereta kuda saat kirab nasional.

Jalur yang dilalui kirab dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia melintasi Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, Medan Merdeka Barat, dan berakhir di lapangan Monas.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014