Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik anggota Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) periode tahun 2022--2027 di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

"Pada hari ini, Rabu tanggal 22 bulan November tahun 2023, Saya Presiden Republik Indonesia dengan ini secara resmi melantik saudara-saudara dalam keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia periode tahun 2022-2027,” ujar Presiden membacakan naskah pelantikan.

Pelantikan keanggotaan LVRI didasari atas Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 44/M/Tahun 2023 tentang Pengesahan Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Pimpinan Pusat serta Dewan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Acara pelantikan tersebut juga diikuti secara daring oleh para anggota LVRI lainnya melalui konferensi video.

Dalam agenda tersebut, H.B.L Mantiri dilantik sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat LVRI, sementara sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pusat LVRI yaitu Ito Sumardi.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” lanjut Presiden.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi yang kemudian diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir.

Dalam keterangannya selepas acara pelantikan, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat, H.B.L Mantiri menjelaskan bahwa tugas utama LVRI yaitu untuk mewariskan jiwa, semangat, dan nilai-nilai tahun 1945 kepada para penerus bangsa.

Mantiri juga mengungkapkan rasa syukur atas pelantikan keanggotaan LVRI yang dilakukan bersamaan dengan pelantikan Panglima TNI yang dinilai sebagai salah satu penerus perjuangan para veteran.

“Kita bersyukur kita bersama-sama satukan kesinambungan, tidak terpisah antara kita yang sudah veteran dengan para TNI yang masih aktif,” ujarnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut adalah para kepala lembaga negara, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para kepala staf angkatan.
Baca juga: Presiden Jokowi lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI
Baca juga: Presiden Jokowi lantik DPP dan Wantimpus Legiun Veteran RI
Baca juga: Pengurus legiun veteran temui Presiden
Baca juga: Presiden Jokowi harapkan nasihat para veteran

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023