Seoul (ANTARA News/Reuters) - Sebanyak 16 orang tewas saat berlangsungnya konser musik pop di ruang terbuka di Korea Selatan, Jumat, ketika penutup sebuah ventilasi tempat mereka berpijak roboh, kata para pejabat dan media.

Peristiwa itu merupakan rangkaian kecelakaan terbaru di Korea Selatan, termasuk tenggelamnya kapal ferry pada April lalu, yang menewaskan lebih dari 300 orang.

Rangkaian kecelakaan itu telah meningkatkan pertanyaan soal keamanan serta menambah tekanan bagi pihak berwenang untuk memperketat standar mereka.

Sekira 27 orang yang sedang menghadiri konser K-pop itu jatuh ke dalam ke sistem ventilasi sedalam lebih dari 10 meter ketika penutup ventilasi tempat mereka berpijak --agar dapat melihat ke panggung lebih jelas-- roboh, demikian dilaporkan kantor berita Yonhap serta televisi YTN.

Sebelas orang mengalami luka-luka, banyak di antaranya yang luka parah, kata pejabat pemerintah di distrik Payo. Distrik itu terletak di sebelah selatan ibu kota negara, Seoul.

Sekira 700 orang memenuhi konser yang berlangsung di dekat pusat perbelanjaan, mereka menyaksikan kelompok 4Minute.

Kelompok tersebut menampilkan penyanyi sekaligus penari, Hyuna, yang menjadi terkenal setelah ia tampil dalam video musik "Gangnam Style" oleh penyanyi rap Korea Selatan, Psy.

Korea Selatan, yang memiliki perekonomian terbesar keempat di Asia serta negara dengan sektor manufaktor dan ekspor terkemuka, telah berkembang menjadi salah satu negara dunia yang paling maju di bidang teknik.

Namun, negara tersebut menghadapi kritik soal pengendalian aturan yang tidak berjalan dengan baik.

(Uu.T008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014