Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla menuturkan dia dan pasangannya, Presiden terpilih Joko Widodo, akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahan baru dalam 1-2 hari mendatang.

"Kabinet nanti akan diumumkan dalam 1-2 hari ke depan setelah pelantikan," kata JK di kediamannya di Jalan Brawijaya 6, Jakarta Selatan, Senin.

JK belum berkenan menjelaskan lebih lanjut susunan kabinet yang dibentuk Presiden terpilih Joko Widodo.

Pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan menghadiri Sidang Paripurna MPR RI dalam rangka pelantikan keduanya siang nanti.

JK sebelumnya juga sempat menjabat Wakil Presiden mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada periode 2004-2009.

Saat ditanya bagaimana ia memandang perbedaan kedua Presiden yang didampinginya, JK menjawab diplomatis dengan menolak membandingkan antara apa yang baru akan dijalaninya dengan yang sudah dilakoninya selama lima tahun hingga 2009 silam itu.

"Ini baru mau mulai, saya tidak bisa membanding-bandingkan antara keduanya. Lagipula setiap kepemimpinan pasti berbeda, punya karakteristik dan keunggulannnya masing-masing," pungkas JK.

Spekulasi mengenai komposisi kabinet pemerintahan baru Jokowi-JK terus bergulir dan satu-satunya kepastian yang sempat disampaikan adalah jumlahnya, yakni 34 kementerian yang akan diduduki 18 menteri profesional dan 16 menteri profesional partai.


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014