Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah media asing juga mewartakan pelantikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yag sekitar satu jam lalu selesai.

Di antara media asing yang melaporkan seremoni politik besar lima tahunan ini adalah The Australian dari Australia, New Strait Times Malaysia dan Straits Times Singapura.

Dipublikasikan pada pukul 11.40 waktu Singapura, laman Straits Times menjuduli beritanya dengan "Joko Widodo inaugurated as Indonesia's seventh president".

Media terkemuka Singapura itu mengawali laporannya dengan menyebut Jokowi telah dilantik menjadi presiden ketujuh Indonesia yang sampai ke kursi presiden dari seseorang yang dididik dari lingkungan kumuh di pinggir sungai.

Straits Times mengakhiri tulisannya bahwa sang presiden baru akan bergabung bersama sejumlah band rock dalam konser luar ruang pada malam hari nanti.

Koran Negeri Kanguru, The Australian, juga menurunkan judul "Joko Widodo inaugurated" atau Joko Widodo dilantik.

Laman harian ini menuliskan bahwa Jokowi menyatakan sumpah dan janji Presiden di hadapan para pemimpin politik dan tamu-tamu kehormatan asing termasuk Perdana Menteri Tonny Abbott dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

"Dia adalah presiden pertama yang tidak berasal dari kalangan pemimpin politik dan militer tua yang memimpin demokrasi ketiga terbesar di dunia," kata The Australian.

Sedangkan laman harian Malaysia, The New Straits Times, menurunkan judul "Joko Widodo is new Indonesian president."

Dalam berita singkatnya, koran ini mewartakan bahwa pelantikan Jokowi-JK juga disaksikan oleh para tamu undangan asing, termasuk Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak.



 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014