Jakarta (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disambut meriah oleh jutaan penonton pada acara Konser 3 Jari di Monumen Nasional, Senin malam.

Nama Jokowi dieluk-elukkan menjelang kedatangannya. Jokowi lalu tiba sekitar pukul 18.15 WIB menggunakan mobil golf menuju dekat panggung utama.

Jokowi mengenakan pakaian khas, kemeja putih panjang yang digulung separuh lengan dan celana panjang hitam.

"Saya tidak tahu kalau disuruh pidato, tadi kan sudah pidato," kata Jokowi kepada wartawan di belakang panggung utama sesaat turun dari mobil.

Jokowi hadir tanpa Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Pak JK tidak ada waktu, dia ada acara sama sama Pak Boediono. Ini sudah masing-masing (acaranya)," ujar Jokowi.

Di atas panggung, Jokowi mengangkat kedua tangannya lalu disambut tepuk tangan yang meriah.

Suasana semakin meriah saat Jokowi berlari ke depan panggung seluas 35 x 17 meter dan tinggi panggung 3 meter sambil melambaikan tangan. Jokowi lalu lari ke sisi kiri panggung dan ke sisi kanan panggung.

Jokowi tak berhenti tersenyum sambil terus melambaikan tangan. Namanya terus dieluk-elukkan.

Setelah itu, Jokowi menyampaikan pidato kerakyatan. Dalam pidatonya, Jokowi menekankan agar masyarakat dalam segala profesi.

"Kita perlu bergerak bersama-sama, rakyat, pemerintah, semua profesi, harus bekerja keras. Tidak mungkin negara sebesar ini akan menjadi negara yang kuat kalau kita hanya bermalas-malasan. Jangan harap negara ini akan jadi negara yang besar dan makmur," seru dia.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan acara berdoa bersama yang dipimpin K.H. Hasyim Muzadi didampingi tokoh-tokoh agama lain yang kemudian dilanjutkan potong tumpeng.

Tumpeng yang diberi nama tumpeng nusantara itu diberi bumbu yang datangnya dari Merauke hingga Sabang.

Tumpeng lalu diberikan kepada supir taxi Siti Bugiyah, mama-mama di Pasar Papua, dan siswi peraih medali Olimpiade Fisika.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan rekor MURI atas acara Sukuran Rakyat Salam 3 Jari.

"Jokowi adalah Presiden satu-satunya di dunia yang disambut syukuran rakyat dari rakyat untuk rakyat," kata Ketua Muri Jaya Suprana.

Usai menyapa penonton di panggung Konser 3 Jari, Jokowi langsung kembali ke Istana Negara karena masih banyak tamu negara yang masih menunggu untuk beraudiensi.



Pewarta: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014