Ia (Balotelli) tidak banyak berlari. Melawan Real Madrid anda harus membuat penonton bersorak. Liverpool harus kembali menekan seperti permainan tahun lalu
London (ANTARA News) - Mantan pemain bertahan Liverpool, Jamie Carragher, menyarankan klubnya untuk membangku cadangkan penyerang Mario Balotelli saat bekas klubnya itu menghadapi Real Madrid di lanjutan Liga Champions Eropa demi mendapat kemungkinan menang lebih besar.

Carragher mendesak pelatih Brendan Rodgers untuk mengistirahatkan Balotelli, yang baru mencetak satu gol dalam sembilan kali penampilan sejak didatangkan Liverpool dari AC Milan dengan banderol 16 juta poundsterling pada musim panas lalu, dan menempatkan pemain sayap Raheem Sterling di posisi yang lebih maju.

Liverpool saat ini menempati posisi ketiga di Grup B setelah menelan kekalahan dari Basel tiga pekan lalu.

Carragher meyakini mereka membutuhkan hasil positif di hadapan publik Anfiled yang telah membeli habis kursi penonton pada Kamis dini hari WIB apabila ingin menjaga asa melangkah ke babak 16 besar Liga Champions.

Untuk itu semua, lanjut Carra, salah satu caranya dengan membangku cadangkan Balotelli.

"Ia (Balotelli) tidak banyak berlari. Melawan Real Madrid anda harus membuat penonton bersorak. Liverpool harus kembali menekan seperti permainan tahun lalu. Saya yakin masih ada energi itu di Liverpool, kita semua melihatnya saat mereka meladeni Spurs," kata Carra dalam sesi Monday Night Football di Sky Sports.

"Penampilan (mengecewakan) ini sudah berlangsung terlalu lama dan kita tidak bisa terus menunggu. Ini laga penting dan Liverpool harus mendapatkan sesuatu saat menyudahinya.

"Saya akan menempatkan Raheem Sterling di sana (lebih maju) karena ia bisa berlari di antara para pemain bertahan dan Liverpool mungkin harus kerap mengandalkan serangan balik, mengingat Madrid kemungkinan akan banyak menguasai bola.

"Sterling juga bisa memulai tekanan sejak dari tengah. Ia tidak harus parkir di lini depan dan sesekali bisa turun membantu lapangan tengah. Liverpool tidak membutuhkan penumpang (pemain yang hanya berdiri di pucuk serangan) melawan Real Madrid," katanya.

Carragher juga menyarankan agar Philippe Coutinho dipasang sejak awal dan memberi variasi serangan di sayap kanan sementara Adam Lallana membantu Sterling di sisi kiri.

Carragher menekankan pentingnya memainkan barisan serangan bersemangat guna menyulut atmosfer pendukung tuan rumah.

Carra menyebut Liverpool berkesempatan mendapatkan hasil positif namun semuanya bergantung pada racikan strategi Rodgers.

"Saya pikir mereka bisa (mendapatkan sesuatu dari laga ini), namun semua tergantung racikan Rodgers. Anda harus membangkitkan gemuruh Anfield, mereka masih punya semangat dan intensitas tentang Liverpool serta antusiasme," pungkasnya, demikian Sky Sports.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014