Washington (ANTARA News) - Mantan editor terkemuka Washington Post yang mengomandoi liputan skandal yang menjatuhkan Presiden Richard Nixon pada 1970-an dan kisahnya diangkat ke layar lebar dalam film tentang jurnalisme yang legendaris "All the President's Men", Ben Bradlee, meninggal dunia dalam usia 93 tahun di Washington.

Bradlee lahir pada 1921 dari sebuah keluarga di Boston yang nenek moyangnya adalah yang pertama menghuni Massachusetts pada 1600-an.

Dari garis ayahnya, kakeknya adalah seniman dan penulis bernama Frederic Crowninshield, yang adalah keturunan langsung dari Raja John II dari Wangsa Valois, Prancis.

Setelah menyelesaikan kesarjanaannya pada Universitas Harvard, Bradlee menjadi perwira komuniaksi pada Angkatan Laut AS selama Perang Dunia II.

Dia bekerja sebagai reporter Washington Post sebelum bertugas pada Kedutaan Besar AS di Paris dan kemudian menjadi koresponden majalah Newsweek, diawal di Prancis.

Sebagai reporter, Bradlee menjadi teman dan orang kepercayaan John F. Kennedy, setelah menangani kampanye kepresidenannya yang berhasil pada 1960.

Manakala Washington Post Co. membeli Newsweek pada 1965, Bradlee  menjadi redaktur pelaksana koran itu dan tiga tahun kemudian menjadi redaktur eksekutif .

Sepuluh tahun kemudian dia menikahi Quinn, yang adalah istri ketiganya.

Bradlee pensiun dari pekerjaannya pada 1991, namun kerap mengunjungi mantan kolega-koleganya di harian itu.

Dalam otobiografinya, Bradlee dikenal karena pendekatan kerjanya yang tidak biasa yang justru membuatnya masyur.

"Saya bisa disebut tak tahu berterimakasih karena tidak jeda di sini dan mengakui peran Richard Milhous Nixon dalam karir saya lebih lanjut," tulis dia.

"Adalah sungguh ironis bahwa seseorang yang begitu tidak menyukaii --dan tak pernah memahami-- pers telah berbuat begitu banyak untuk meningkatkan reputasi pers dan khususnya Washington Post. Pada jam tergelapnya, dia telah mempersembahkan jam terbaik kepada pers," tulis dia lagi dalam bukunya seperti dikutip AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014