Makkah (ANTARA News) - Jamaah haji reguler Indonesia yang pulang ke Tanah Air dari Arab Saudi hingga Kamis pukul 16.38 WIB sudah lebih dari 50 persen, sebut Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag.

Disebutkan, sebanyak 79.590 jamaah haji Indonesia sudah berangkat dari Arab Saudi dari 154.467 jamaah yang tiba, atau sebesar 51,52 persen yang sudah pulang.

Dari 79.590 yang sudah diberangkatkan, sebanyak 76.791 jamaah sudah tiba di Indonesia dan 2.799 jamaah dalam perjalanan menuju Indonesia. Jarak Arab Saudi ke Indonesia sekitar 9-10 jam.

Saat ini jamaah haji Indonesia dipulangkan dari bandara Jeddah dan Madinah. Jamaah haji yang berada di Makkah dipulangkan melalui Jeddah. Sementara jamaah haji yang berada di Madinah dipulangkan melalui bandara Jeddah dan bandara Madinah.

Jamaah haji gelombang pertama yang kini berada di Makkah sudah pulang sejak 9 Oktober, sementara jamaah haji gelombang kedua yang kini berada di Madinah baru pulang ke Tanah Air sejak kemarin (Rabu, 22/10).

Jamaah haji gelombang pertama diberangkatkan ke Madinah dahulu baru ke Makkah, sementara jamaah gelombanga kedua di berangkatkan ke Makkah dulu baru ke Madinah. Namun sebelum melaksanakan wukuf di Padang Arafah, seluruh jamaah haji berkumpul di Makkah.

Sementara itu hingga Rabu malam, pukul 20.00 Waktu Arab Saudi, dari 154.467 jamaah haji yang pernah berada di Makkah saat ibadah haji (sejak sebelum wukuf), sebanyak 133.349 jamaah sudah meninggalkan Makkah, baik pulang ke Tanah Air maupun menuju Madinah. Artinya tinggal 13,67 persen dari seluruh jamaah haji Indonesia yang berada di Makkah.

Sejak kemarin, seluruh jamaah gelombang pertama sudah tidak ada lagi yang berada di Makkah karena sudah pulang ke Tanah Air, sehingga yang tinggal di Makkah adalah jamaah haji gelombang kedua.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014