Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasional Demokrat Ferry Musyidan Baldan mengungkapkan di telpon pihak Istana untuk hadir pada acara pengumuman menteri pada Minggu sore.

"(Di telpon istana) tadi malam (Sabtu 25/10)," kata Ferry melalui pesan singkatnya, di Jakarta, Minggu.

Ferry enggan menyampaikan dirinya akan memimpin kementerian apa namun berdasarkan informasi yang dihimpun, politisi Nasdem itu akan menduduki kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Presiden Joko Widodo rencananya akan mengumumkan para calon menteri pada Minggu (26/10) pukul 16.00 WIB.

Jumlah kementerian di kabinet Jokowi-JK sebanyak 34 kementerian dengan tiga menteri koordinator. Dari 34 kementerian itu, 16 diisi kalangan partai politik dan 18 dari kalangan profesional.

Jokowi-JK juga mengubah nomenklatur kementerian seperti Menteri PU dan Menteri Perumahan Rakyat menjadi Menteri PU dan Perumahan Rakyat; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi Menteri Pariwisata; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi dua yaitu Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah serta Menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Sementara itu Menteri Kehutanan dan Menteri Lingkungan Hidup dijadikan satu menjadi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup; Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Kementerian PDT dilebur menjadi dua kementerian yaitu Kementeritan Tenaga Kerja, Kementerian Desa dan Kementerian Daerah Tertinggal; dan Menko Kesejahteraan Rakyat diubah jadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014