ANDOVER, Massachussets, 27 Oktober 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- TransMedics mengumumkan kalau solusi OCS® Heart Technology-nya digunakan untuk mempertahankan dan mengkaji tiga prosedur transplantasi jantung manusia dewasa pertama dari pendonor pasca kematian peredaran darah (DCD) yang dilaksanakan oleh tim dokter St. Vincent's Hospital Transplant. Semua pasien yang menjalani transplantasi bersejarah ini telah pulih dengan baik. Kesuksesan ini merupakan pencapaian penting terbaru di dalam transplantasi jantung di seluruh dunia, dan prosedur tersebut dijalankan dengan mengikuti riset translasional dan mendasar oleh Victor Chang Cardiac Research Institute and St Vincent's Hospital dengan menggunakan OCS® Heart Technology.

Photo - http://photos.prnewswire.com/prnh/20141024/154161

Jantung-jantung yang digunakan dalam ketiga prosedur tersebut didapatkan dari pendonor yang jantungnya telah berhenti berdetak. Sebenarnya, para pendonor DCD tersebut tidak diperhitungkan untuk menjalani transplantasi jatung karena keterbatasan teknik pengawetan penyimpanan dingin. Jantung-jantung tersebut diperoleh dan kemudian diresusitasikan untuk kembali berdetak secara normal dan dikajikan secara klinis dengan menggunakan TransMedics® Organ Care System (OCS®) Heart Technology. Teknologi OCS® merupakan peralatan medis satu-satunya yang mampu mempertahankan organ-organ pendonor di dalam keadaan fisiologis dan fungsional diluar tubuh manusia mulai dari saat organ tersebut diambil dari pendonor hingga siap ditransplantasikan.

"Sistem OCS® sangat vital untuk mewujudkan pencapaian di dalam transplantasi jantung karena memungkinkan kami untuk sepenuhnya mengkaji fungsi dan metabolisme jantung pendonor sebelum ditransplantasi,"ujar Dr. Kumud Dhital, Profesor Pembedahan Kardiotorasik di St. Vincent's Hospital dan pembedah kepala transplantasi jantung DCD.

"Kemampuan untuk melakukan transplantasi sebuah donor jantung dari pendonor DCD dengan aman berpotensi meningkatkan peluang donor jantung untuk membantu lebih banyak pasien yang menderita gagal jantung tahap akhir," ungkap Dr. Waleed Hassanein, Presiden dan CEO TransMedic, Inc. "Kami secara pro aktif terlibat di dalam empat pengujian penting berskala besar untuk jantung, paru-paru, dan liver di AS guna membawa teknologi OCS® yang revolusioner ke pasar AS, yang mudah-mudahan  
dapat terwujud di tahun 2015," tutup Dr. Hassanein.

Apa TransMedics Organ Care System (OCS®)?

Sejak ditemukannya prosedur transplantasi organ tubuh, prinsip fundamental pengawetan tubuh adalah penyimpanan iskemik dingin (dengan menempatkan organ tubuh di dalam es). Meskipun metode ini disinyalir dapat mengurangi risiko kerusakan organ tubuh selama proses pengiriman, penurunan kualitas organ secara signifikan tetap tak bisa dicegah. Semakin lama organ tubuh disimpan di dalam es, semakin tinggi risiko kerusakan organ. Lebih jauh lagi, teknik penyimpanan dingin tidak memungkikan adanya resusitasi atau pengkajian selagi organ tubuh tersebut melalui proses pengiriman/pemindahan dari pendonor ke penerima. Mengingat keterbatasan tersebut, diperkirakan 60-65% donor jantung di seluruh dunia pada akhirnya tidak layak digunakan untuk transplantasi.

TransMedic telah mengembangkan peralatan medis portabel satu-satunya di dunia yang dapat mengatasi berbagai keterbatasan penyimpanan dingin transplantasi organ tubuh. Teknologi OCS® dirancang untuk memberikan solusi komprehensif untuk tiga keterbatasan utama teknik penyimpanan dingin, yaitu:
  • Meminimalisir cedera iskemia dingin dengan menyemburkan darah teroksigenasi yang hangat pada jantung
  • Mengoptimalkan kondisi organ tubuh dengan memasok oksigen, nutrisi, dan hormon yang akan habis jika tidak menggunakan solusi ini
  • Menyediakan pemantauan dan pengkajian berkelanjutan terhadap organ tubuh sampai pada saat transplantasi

Kapabilitas unik teknologi OCS berpotensi untuk:
  • Meningkatkan pemanfaatan organ donor
  • Meningkatkan kelangsungan hidup pasien
  • Mengurangi komplikasi pasca transplantasi
  • Meningkatkan efektivitas biaya prosedur transplantasi
Tentang TransMedics, Inc.
TransMedics Inc. adalah produsen peralatan perfusi dan pengkaji ex-vivo portabel organ donor untuk transplantasi dunia terkemuka. Berpusat di Andover, Massachussets, perusahaan ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan transplantasi organ tubuh yang lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.TransMedics.com
            

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014