... jembatan layang atau rail-pass, itu saja yang paling efektif... "
Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan jembatan layang di atas perlintasan kereta dinilai paling efektif untuk mencegah kecelakaan kereta, kata pengamat transportasi, Djoko Setijawarno, di Jakarta, Rabu.

"Pembangunan jembatan layang atau rail-pass, itu saja yang paling efektif," kata dia. Pembangunan jalur perlintasan kereta tidak sebidang, kata dia, bisa dilakukan melewati atas kereta dengan jalan layang atau melalui bawah rel.

Ia mengatakan, hal itu perlu diprioritaskan pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna mengurangi angka kecelakaan kereta api.

Menurut dia, semua perlintasan kereta yang sebidang dengan jalan raya di Jakarta harus dibangun jalan layang. "Saya rasa Pemda DKI dan PT KAI sangguplah membuat jembatan layang untuk semua perlintasan kereta di Jakarta," kata dia.

Antisipasi pencegahan kecelakaan oleh petugas kepolisian atau petugas jaga lain, kata dia, tidak perlu dilakukan karena bisa terjadi human-error. "Tidak perlulah pakai polisi, bisa salah juga polisi," kata dia.

UU Nomor 23/2007 tentang Perkeretaapian,  mengatakan perlintasan kereta tidak boleh sebidang dengan jalan yang dilalui kendaraan.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014