Tiket thermal jauh lebih efektif proses pencetakannya hanya 0,5 detik.
Bandung (ANTARA News) - PT KAI Daop II Bandung akan memberlakukan tiket thermal atau tiket jenis baru khusus bagi penumpang KA jarak dekat mulai 1 November 2014.

"Tiket thermal merupakan tiket model baru yang diberlakukan mulai 1 November 2014, atau Sabtu besok. Tujuannya untuk mempercepat pelayanan tiket khususnya untuk KA lokal dan jarak dekat yang kerap terjadi antrian," kata Kepala Humas PT KA Daop II Bandung Zunerfin di Bandung, Jumat.

Ia menyebutkan, PT KA Daop II Bandung melakukan percontohan dari program tiket thermal itu.

Tiket thermal kata dia adalah tiket khusus bagi KA jarak dekat. Di wilayah Daop II Bandung antara lain untuk pelayanan tiket komuter Bandung Raya, komuter Patas Bandung Raya dan KA Lokal Cibatu.

Untuk KA jarak jauh yakni Kutojaya Selatan, Kahuripan, dan Pasundan, tambahnya, belum menggunakan tiket thermal alias masih tiket lama. Namun nantinya pihaknya bersiap memberlakukan tiket thermal, bagi KA jarak jauh.

Ciri-ciri fisik tiket tersebut, kata Zunerfin menggunakan kertas thermal, berukuran 8x9 sentimeter serta terdapat logo dan tulisan PT KAI pada bagian kanan dan kirinya. Selain itu juga tercantum nama-nomor KA, waktu keberangkatan, yaitu tanggal dan jam, barcode, tarif, data petugas, loket penjualan, dan jam pencetakannya.

"Tiket thermal jauh lebih efektif proses pencetakannya hanya 0,5 detik. Lebih cepat dari pencetakan tiket lama yang membutuhkan waktu 14-15 detik per lembar tiket," kata juru bicara PTKA Daop II Bandung itu menambahkan.
(S033)


Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014