... karena hujan deras terus-menerus dalam beberapa hari terakhir... "
Jakarta (ANTARA News) - Ribuan rumah yang berada di kawasan Aceh Barat Daya terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi di wilayah tersebut secara terus menerus.

"Berdasarkan laporan BPBD ada ribuan rumah yang telah terendam banjir di Aceh Barat Daya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Nugroho, di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan banjir di wilayah itu karena hujan deras terus-menerus dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai-sungai di Kabupaten Aceh Barat Daya meluap.

Sungai-sungai yang meluap itu mulai menggenangi ribuan rumah sejak pukul 19.00 WIB Sabtu (1/11), dan membuat warga panik.

Kabupatan Aceh Barat Daya, adalah Kota Blangpidie, Kecamatan Mangging, Kecamatan Tangan-tangan, Kecamatan Lembah Sabil, dan Kecamatan Babarot, yang kebanjiran di Aceh.

Di Kecamatan Mangging, Kabupaten Aceh Barat Daya, kata dia, ada 115 KK mengungsi ke tempat yang aman.

3.000 unit rumah terendam di kecamatan itu, sedangkan di Kecamatan Tangan-Tangan 1.000 unit rumah, Kecamatan Lembah Sabil 2.000 rumah terendam banjir.

"Masih banyak lagi kerugian materil diderita warga akibat banjir yang saat ini masih dalam pendataan di beberapa kecamatan di kabupaten setempat," ucapnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014