Berlin (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pada Selasa, pemerintahannya akan tetap berpegang pada target anggaran dan tidak akan meningkatkan pengeluaran pemerintah atau menaikkan utang baru untuk menstimulasi ekonomi.

Memberikan sambutan pada pertemuan asosiasi pengusaha Jerman di Berlin, Merkel mengatakan ekonomi Jerman stabil, tetapi menghadapi risiko dari ketegangan geopolitik di luar negeri.

Investasi dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan, katanya, tetapi pemerintahnya tidak akan menghabiskan lebih dari rencana saat ini, dan tidak akan menghimpun utang baru. Sebaliknya, pemerintahnya akan mendorong investasi swasta dengan mengangkat beban untuk bisnis.

"Investasi dibutuhkan, tetapi tidak dengan pinjaman baru," kata kanselir.

Pemerintah Jerman menetapkan target mencapai keseimbangan anggaran tahun depan untuk pertama kalinya sejak 1969. Merkel mengatakan anggaran yang seimbang adalah wajar mengingat tantangan demografis Jerman.

Ekonomi Jerman melambat karena ekspor anjlok dan kepercayaan investasi terpukul ketidakpastian eksternal termasuk pertumbuhan lambat global serta ketegangan di Ukraina dan Timur Tengah.

Bulan lalu, pemerintah Jerman memangkas proyeksi pertumbuhannya menjadi 1,2 persen dari 1,9 persen seperti yang diperkirakan sebelumnya.
(A026)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014