Jakarta (ANTARA News) - Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) secara resmi diumumkan menjadi Gubernur Jakarta oleh Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta, Jumat.

Ahok dipastikan akan dilantik menjadi gubernur definitif oleh DPRD DKI paling lambat tanggal 18 November 2014.

"Pengumuman secara resmi ini disambut gembira oleh netizen dengan tagar #GubernurAhok yang hari ini jadi trending topic dunia (Trending Topic World Wide)," demikian rilis Awesometrics, sebuah perusahaan media monitoring, yang diterima ANTARA News, Jumat.

Berdasarkan pantauan Awesometrics, dalam 8 jam saja, tagar #GubernurAhok sudah tembus 20 ribuan mention, sejak tweet pertamanya pada pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Sementara, kata “Ahok” yang sempat jadi trending topic pada Kamis, 13 Nopember kemarin, kemunculan mentionnya tidak semasif tagar #GubernurAhok.

Dukungan untuk Ahok pun terus mengalir lewat tagar tersebut. Hingga Jumat sore, Awesometrics memperkirakan percakapan ini menjangkau 20 juta akun twitter atau ada 20 juta akun yang menyimak percakapan #GubernurAhok dalam 8 jam.

Seperti diketahui, Ahok sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo (Jokowi). Setelah Jokowi resmi dilantik sebagai Presiden RI periode 2014-2019 maka Ahok naik menggantikan Joko Widodo sebagai Gubernur.

Hambatan demi hambatan yang dilalui Ahok untuk jadi orang nomor satu di DKI ini menjadi perhatian netizen. Tagar #GubernurAhok pun menjadi medium bagi netizen untuk menyampaikan dukungannya.

Puncak percakapan seusai pengumuman Ahok menjadi gurbernur, pada Jumat terjadi pukul 14.00. Sementara sejak Kamis hingga Jumat sore, dari hasil pantauan Awesometrics melalui keyword “Ahok” dan tagar #GubernurAhok, ditemukan 90.000an mention yang membicarakan Ahok. Lalu dari mention-mention tersebut ada sebanyak 22.000 lebih mention yang menggunakan tagar #GubernurAhok.

Awesometrics adalah media monitoring untuk memantau reputasi sebuah perusahaan dan brand. PT. Prima Rancang Buana, penyedia jasa layanan media monitoring, memperkenalkan produknya Awesometrics sejak setahun lalu.

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014