Beijing (ANTARA News) - Kebakaran yang terjadi pada pabrik pengemasan wortel di Tiongkok timur telah menyebabkan 18 orang meninggal, kantor berita Tiongkok, Xinhua mengabarkan, Senin.

Peristiwa tersebut merupakan kecelakaan kerja yang terbaru di negeri yang dikenal buruk dalam menjaga keselamatan kerja itu.

Kebakaran di pabrik di Provinsi Shandong terjadi pada Minggu malam dan api baru bisa dikendalikan beberapa jam kemudian. Dilaporkan pula bahwa 13 orang karyawan dirawat di rumah sakit.

Manager perusahaan pabrik itu kini ditahan oleh polisi, lapor Xinhua tanpa memberi penjelasan lebih terperinci, seperti dikutip Reuters.

Tiongkok, negara ekonomi kedua terbesar di dunia memiliki sejarah dalam bencana di tempat kerja. Para pekerja sering kurang terlatih dan kurang mendapat peralatan keselamatan kerja untuk melindungi mereka dalam kecelakaan industri.

Suatu kebakaran yang terjadi di pabrik pemotongan ayam di Provinsi Jilin yang terletak di utara pada Juni 2013 telah menyebabkan 120 orang pekerja meninggal.

Kobaran api itu terjadi akibat penataan yang buruk, pengawasan dari pemerintah yang kurang dan tempat kerja yang terkurung dengan pintu keluar yang terhalang.

(Uu.M007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014