Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan stok bahan bakar minyak (BBM) di tengah masyarakat sangatlah aman, bahkan Pertamina sebagai pemasok BBM juga telah melakukan pembelanjaan ekstra.

"Stok tidak ada masalah.. sangat aman," kata Sudirman Said kepada wartawan sebelum mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Ia masih  belum bersedia mengemukakan soal kenaikan harga BBM subsidi. Meski BBM subsidi memiliki kuota tetapi bukan berarti barangnya tidak ada.

Ketika ditanya mengenai kapan kenaikan harga BBM subsidi akan diumumkan, Menteri ESDM mengemukakan bahwa hal tersebut akan dibahas dalam Sidang Kabinet.

Menteri ESDM mengharapkan bahwa penjelasan pemerintah dapat meyakinkan masyarakat bahwa subsidi lebih baik diarahkan ke arah yang lebih produktif.

 Pada Senin (17/11), Sidang Kabinet pertama digelar di Kantor Presiden sejak kedatangan kembali Presiden Joko Widodo dari lawatannya ke tiga perhelatan akbar, yaitu KTT APEC di Tiongkok, ASEAN di Myanmar, dan Pertemuan G-20 di Australia.

Sebelumnya diwartakan, pemerintah masih mengkaji rencana kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi dengan menelaah perkembangan harga minyak mentah dunia, inflasi, dan ketersediaan logistik.

"Nanti kalau sudah sampai di Jakarta kita kan harus kalkulasi lagi karena kita harus mengerti harga minyak di dunia sudah turun kalkulasinya seperti apa," kata Presiden Joko Widodo kepada wartawan di Brisbane, Australia Jumat (14/11) malam.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014