... mengapa seperangkat perabot di IKEA Korea dan Amerika Serikat harganya berbeda?...
Seoul (ANTARA News) - Harga perabot di IKEA di Korea Selatan menuai kontroversi karena lebih mahal dua kali lipat dari harga global. Peritel perabot rumah tangga asal Swedia itu akan membuka toko pertamanya di Korea Selatan bulan depan.

IKEA memutuskan untuk memasuki pasar Korea Selatan awal tahun ini setelah berbagai produknya menuai popularitas di tengah masyarakat Korea yang membeli produk IKEA lewat online atau melalui importir ritel skala kecil.

Rencananya, peritel perabot Swedia itu akan membuka lima toko di Korea Selatan pada 2020.

Sebelum membuka toko pertamanya di Gwangmyeong yang terletak di pinggiran Seoul pada 18 Desember 2014, IKEA telah membeberkan daftar berisi 8.600 produk beserta harganya pekan lalu di situs resmi mereka.

Namun, penantian yang telah ditunggu-tunggu berubah menjadi keluhan karena harga dari produk-produk terkemuka IKEA yang dijual di Korea Selatan lebih mahal dibandingkan Amerika Serikat dan negara lain.

Satu meja televisi IKEA seri Besta Burs dihargai 449.000 won (408 dolar Amerika Serikat) di Korea, barang yang sama dijual seharga 249 dolar Amerika Serikat di Amerika Serikat dan 378.000 won di Jepang.

Sementara itu, rak televisi seri Hemnes yang dijual seharga 796.000 won (723 dolar Amerika Serikat) dihargai 499 dolar Amerika Serikat di Amerika Serikat.

Sejumlah orang meminta perusahaan itu menjelaskan alasan di balik perbedaan harga di Korea Selatan dan Amerika Serikat. Mereka mengatakan perusahaan Swedia itu telah mendiskriminasi konsumen di Korea Selatan.

"Jadi, mengapa seperangkat perabot di IKEA Korea dan Amerika Serikat harganya berbeda?" tulis Kim Kyung-ha, di laman facebook IKEA Korea.

"Saya tidak mengerti mengapa harganya berbeda. Amerika Serikat juga mengimpor (produk IKEA) dari Swedia, sama seperti Korea Selatan."

Meskipun demikian, hingga saat ini perusahaan Swedia tersebut belum menanggapi keluhan-keluhan dari para konsumen Korea Selatan.

Awal tahun ini, Andre Schmidtgall, manajer ritel IKEA Korea mengatakan perusahaannya akan mematok harga yang sesuai kemampuan beli negara tersebut, demikian Yonhap.

Di Indonesia, IKEA pun telah membuka gerai pertama di Alam Sutera, Tangerang, yang mulai dibuka pada 15 Oktober 2014.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014