Jakarta (ANTARA News) - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 di Silang Monas pada Minggu pagi (16/11) berlangsung meriah.

Serangkaian acara digelar untuk mengisi peringatan ulang tahun emas HKN yang mengambil tema “Indonesia Cinta Sehat”, dan subtema yang dipilih yaitu “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku”.

Bersama para pejabat dan pegawai Kemenkes, Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M(K). melakukan senam sehat bugar bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan melepas peserta jalan sehat, sepeda sehat, dan Run 5K for Golden Health.

Kemudian, Menkes melakukan cap lima jari tangan sebagai tanda dukungan terhadap komitmen tidak merokok. Hal ini sekaligus menjadi penanda diraihnya Rekor MURI Cap Tangan untuk Komitmen Tidak Merokok secara Estafet oleh Peserta Terbanyak.

Kegiatan pengumpulan cap lima jari tangan tersebut dilaksanakan mulai 9-16 November 2014, tidak hanya di Jakarta tetapi juga di seluruh Provinsi.Target 40.000 cap tangan pun sudah terpenuhi.

Di penghujung kegiatan, Menkes menyambut kedatangan Tim Gowes Sepeda SELAWASUTA, yang merupakan singkatan dari “Selatan Jawa from Surabaya to Jakarta”. Tim terdiri dari tujuh orang dokter dan 10 orang tenaga kesehatan dari RSUD dr. Haryoto Kabupaten Lumajang.

Tahun 2013 lalu, tim gabungan bersepeda Kabupaten Lumajang yang beranggotakan sebagian besar dokter tersebut telah berhasil bersepeda dari Surabaya sampai Jakarta melalui jalur utara dalam ekspedisi SUROJAKA.

Tahun ini, mereka ingin mengulang kesuksesan dengan bersepeda dari Surabaya menuju Jakarta melalui jalur selatan sehingga ekspedisi kali ini dinamakan SELAWASUTA.

Rute yang dilalui oleh tim memiliki tantangan berbeda dibanding rute tahun lalu. Di jalur selatan Pulau Jawa, medan bervariasi bahkan ada tanjakan yang mencapai ketinggian lebih dari 1.400 meter diatas permukaan laut (mdpl), yakni di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Persiapan telah dilakukan sejak sebulan sebelum diberangkatkan pada Rabu, 5 November 2014 dari Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jatim di Surabaya untuk menempuh rute 901 kilometer menuju Jakarta.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi sehatnegeriku.com.

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2014