Sebuah kelompok kerja dibentuk untuk mempersiapkan semua langkah yang diperlukan untuk pembukaan modal perusahaan (kepada investor swasta) dan pencatatannya (di bursa saham)."
Roma (ANTARA News) - Italia pada Rabu mengambil langkah konkret pertama menuju privatisasi sistem perkeretaapian dan mencatatkannya di bursa saham sebagai bagian dari upaya mengurangi utang publik besar negara itu.

Perwakilan dari perusahaan kereta api milik negara (FS) serta kementerian transportasi dan perekonomian bertemu di Roma untuk membahas "prosedur privatisasi," kementerian ekonomi mengatakan dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

"Sebuah kelompok kerja dibentuk untuk mempersiapkan semua langkah yang diperlukan untuk pembukaan modal perusahaan (kepada investor swasta) dan pencatatannya (di bursa saham)," tambah kementerian itu.

FS adalah perusahaan induk yang mempekerjakan 70.000 orang di beberapa bisnis berbeda, termasuk operator kereta api Trenitalia dan perusahaan yang menjalankan jaringan rel.

Menteri Keuangan Pier Carlo Padoan mengatakan ia ingin privatisasi kereta api dilanjutkan dengan cepat.

"Ini adalah kesempatan penting untuk merealisasikan nilai dari sebuah perusahaan yang telah menunjukkan dirinya sebagai mesin modernisasi bagi negara," kata dia.

Italia sangat membutuhkan tambahan kas nasional karena utang publik berjalan dalam lebih dari 130 persen dari produk domestik bruto dan masih naik karena kegagalan untuk mengurangi defisit anggaran tahunan. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014