Teheran (ANTARA News) - Iran dan Rusia akan bekerja sama mengatur pasar minyak untuk mendukung mereka sendiri, media lokal melaporkan pada Selasa.

Perjanjian tersebut dibuat dalam pembicaraan telepon antara Presiden Iran Hassan Rouhani dan mitranya dari Rusia Vladimir Putin pada Senin malam, kantor berita Shana yang berafiliasi dengan Kementerian Minyak Iran melaporkan, menambahkan bahwa mereka "menyepakati kerja sama yang diperlukan dalam mendukung pasar minyak."

Kesepakatan tersebut muncul menjelang pertemuan tingkat menteri Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Kamis (27/11) di ibukota Austria, Wina, untuk mengatasi penurunan harga minyak mentah, kata laporan itu tanpa rincian lebih lanjut tentang kerja sama dua tetangga tersebut.

Penurunan harga minyak telah merusak ekonomi Rusia secara signifikan dan negara kaya minyak non OPEC itu sedang berupaya keras untuk menemukan solusi atas masalah tersebut.

Laporan lokal sebelumnya mengatakan bahwa Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh akan mengusulkan pengurangan satu juta barel pada produksi harian OPEC dalam pertemuan di Wina pada 27 November. Demikian laporan Xinhua.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014