Paris (ANTARA News) - Tiga tim Liga Utama Inggris Everton,  Tottenham Hotspur dan Celtic lolos ke fase gugur Liga Europa setelah pertandingan yang dilakukan pada Kamis (Jumat WIB). Celtic melaju meski kalah dari Salzburg.

The Toffees (Everton) mengamankan tempat di putaran 32 besar sebagai juara Grup H berkat kemenangan 2-0 atas Wolfsburg di Jerman.

Everton sudah mengetahui pada pertengahan pertandingan bahwa mereka sudah membuka jalur menuju putaran 32 besar, ketika berita-berita menyiarkan bahwa pertandingan lain Grup H antara FC Krasnodar dan Lille di Rusia berakhir imbang 1-1.

Tottenham lolos dari Grup C berkat kemenangan 1-0 atas tamunya yang merupakan pemuncak klasemen Liga Serbia Partizan Belgrade.

Tottenham mencatatkan kemenangan beruntun ketiganya di Grup C, setelah mengalahkan Partizan di White Hart Lane pada pertandingan yang sempat dihentikan selama sepuluh menit pada babak pertama akibat masuknya penonton ke dalam lapangan.

Sementara Celtic tertinggal 0-2 dalam waktu 13 menit saat mereka melawan Salzburg yang telah lolos, ketika penyerang Alan mencetak dua gol.

Stefan Johansen segera memperkecil ketertinggalan timnya ketika ia meneruskan umpan silang Emilio dari sisi kiri, namun juara Skotlandia itu tidak mampu menyamakan kedudukan dan pertandingan itu berakhir ketika Naby Keita menanduk bola uang berbuah gol menjelang pertandingan usai.

Namun demikian, kemenangan 1-0 yang diraih Astra Giurgu atas Dinamo Zagreb membuat Celtic lolos dari Grup D apapun hasil pertandingan di Kroasia dua pekan lagi.

Di tempat lain, Dinamo Moscow mengalahkan Panathianikos dengan skor 2-1 untuk mengamankan lolosnya mereka ke putaran 32 besar dari Grup E.

Di grup yang sama, pertandingan Estril menjamu PSV EIndhoven akan diteruskan pada Jumat setelah dihentikan saat turun minum akibat hujan deras, di mana tim Portugal itu sedang unggul 3-2.

Inter mengunci peringkat pertama Grup F dengan bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Dnipro dengan skor 2-1 di San Siro, dan tim Italia lainnya Napoli juga lolos ke fase gugur setelah bermain imbang 0-0 dengan Sparta Prague di Grup I.

Feyenoord mengalahkan juara bertahan Sevilla dengan skor 2-0 untuk melaju dari Grup C, sedangkan Dinamo Kiev menang 2-0 di markas Rio Ave untuk mengamankan tiket mereka lolos dari Grup J, dan Trabzonspor melaju dari Grup L setelah menang 3-1 atas Metalist Kharkiv di Turki.

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014