Semua hasil inovasi yang dipamerkan merupakan karya penelitian yang dimiliki oleh seluruh fakultas dan program studi."
Yogyakarta (ANTARA News) - Perguruan tinggi diharapkan proaktif mengembangkan penelitian dan memperkuat ragam produk inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa, kata Kepala Divisi Pemasaran dan Admisi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Sigit Pamungkas.

"Hal itu penting dalam era persaingan yang semakin ketat dan terbuka. Perkembangan arus globalisasi dan teknologi informasi menuntut perguruan tinggi untuk tidak hanya mampu menghasilkan lulusan terbaik yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Selain itu, menurut dia, perguruan tinggi juga dituntut berperan penting menjadi ruang edukasi yang tidak hanya terbatas bagi sivitas akademika, tetapi juga bagi masyarakat secara luas.

Didorong semangat tersebut, kata dia, Universitas Islam Indonesia (UII) akan menyelenggarakan "UII Open Day & Innovation Expo" (Odiex) di Kampus Terpadu UII pada 8-11 Desember 2014.

"UII Odiex digelar untuk menampilkan berbagai produk inovasi hasil karya sivitas akademika UII," kata Sigit yang juga Ketua Panitia UII Odiex 2014.

Ia mengatakan beberapa hasil karya inovasi yang akan dipamerkan di antaranya mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII.

Inovasi itu memiliki kelebihan dibandingan dengan mobil listrik lain yakni kendali utamanya menggunakan sistem operasi Android yang saat ini banyak digunakan untuk "smartphone".

Inovasi lain yang ditampilkan adalah "mobile shelter", alat permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus, aplikasi Celengan Limbah (Celi) yang menjuarai OSN Pertamina, dan berbagai hasil karya inovasi lainnya.

"Semua hasil inovasi yang dipamerkan merupakan karya penelitian yang dimiliki oleh seluruh fakultas dan program studi. Untuk mendukung pameran tersebut juga akan digelar stan expo kewirausahaan mahasiswa, mitra industri, dan desa binaan UII," katanya.

Menurut dia, berbagai kegiatan pendukung telah disiapkan untuk menyemarakkan pelaksanaan pameran inovasi dan "open day". Beberapa di antaranya bursa kerja (job fair), panggung kreasi seni, konferensi akademik hingga seminar nasional.

"Kegiatan pendukung lainnya yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas adalah konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis bersama Rumah Sakit JIH selama UII Odiex 2014 berlangsung," katanya.

Direktur Direktorat Humas UII Hangga Fathana mengatakan selain pameran karya inovasi juga akan diselenggarakan "open day" berupa stan informasi pendidikan UII.

"Open day memberikan kesempatan bagi masyarakat umum mengenal lebih dekat keunggulan UII melalui konsultasi studi semua program studi hingga kunjungan ke Museum UII dan Candi Kimpulan," katanya.

Menurut dia, selama UII Odiex 2014 juga akan diselenggarakan "open course" di mana masyarakat umum dan calon mahasiswa dapat ikut hadir dalam kelas-kelas kuliah maupun praktik laboratorium berbagai program studi yang telah dijadwalkan.

"Hal itu merupakan bentuk tanggung jawab UII sebagai ruang edukasi bagi publik. Melalui open course, kami berharap masyarakat luas dapat menyaksikan langsung kualitas pendidikan dan pengajaran yang dimiliki UII," kata Hangga.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014