Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Kopassus TNI AD melakukan penanaman 10.000 bibit untuk menjaga keasrian lingkungan kampus dan menciptakan kampus yang hijau (green campus).

"10.000 bibit pohon tersebut terdiri atas beberapa jenis pohon di antaranya bibit durian, jambu bol, nangkadak, kecapi, jamblang, puspa, buni, ketapang kencana, dan ulin," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Bambang Wibawarta, di kampus UI Depok, Sabtu.

Ia mengatakan berdasarkan lokasi Rencana Tata Ruang Kawasan Kampus, luas wilayah UI Depok untuk dimanfaatkan sebagai Hutan Kota adalah seluas 100 hektar.

Saat ini Kawasan Hutan Kota yang dikelola UI telah mencirikan ekosistem hutan tropis dengan tiga bentuk ekosistem unggulan yaitu ekosistem pepohonan yang bersumber dari Indonesia Bagian Timur.

Selain itu katanya ekosistem pepohonan wilayah Indonesia Bagian Barat dan komplek vegetasi asli Jabodetabek yang dipadu serasi dengan kawasan Hutan Jati Mas yang tumbuh di antara gedung Rektorat UI dan FASILKOM serta FISIP UI.

Acara penanaman bibit pohon ditandai dengan penyerahan dan penanaman secara simbolis 10.000 bibit tanaman yang akan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Bambang Wibawarta dan Danjen Kopassus TNI AD Mayjen TNI Doni Monardo.



Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014