Saya mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya saudara Agung Laksono dalam Munas Golkar di Ancol 2014, "
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Imam Suroso mengatakan Golkar dengan kepemimpinan Agung Laksono memberikan suasana dan harapan baru.

"Saya mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya saudara Agung Laksono dalam Munas Golkar di Ancol 2014, " ujar Imam di Jakarta, Selasa.

Dalam pemungutan suara itu, Agung Laksono mendapatkan 147 suara mengalahkan dua calon lainnya, Priyo Budi Santoso sebanyak 77 suara dan Agus Gumiwang Kartasasmita sebanyak 71 suara.

Imam Suroso mengatakan, Golkar di bawah kepemimpinan Agung Laksono nantinya akan memberikan suasana dan harapan baru yang lebih dinamis bagi kerja mitra legislator di DPR maupun mitra dan kinerja eksekutif di Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla.

"Suasana kerja di DPR yang tadinya tersekat didalam dua kubu (maksudnya, Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) - red.) akan menjadi lebih cair dan dinamis, berikut gerak roda Pemerintah juga akan berjalan lancar," kata Imam Suroso.

Imam Suroso kemudian mengutip pernyataan Agung Laksono yang mengatakan, bahwa Partai Golkar yang dipimpinnya tidak akan bergabung dengan KIH. Namun Golkar bisa menjadi mitra kritis pemerintah tanpa harus bergabung dengan salah satu koalisi, KMP maupun KIH.

"Kami mendukung Pemerintah Jokowi-JK. Kami dalam posisi sebagai mitra yang kritis. Tidak masuk KIH,"kata Imam Suroso mengutip pernyataan Agung Laksono. Bahkan, kata Agung Laksono, sebaiknya koalisi-koalisi Parpol warisan masa Pilpres lalu itu dibubarkan saja. Menurutnya parlemen lebih bisa bekerja maksimal jika tidak ada KMP dan KIH.

Menurut Imam Suroso, pernyataan yang disampaikan Agung Laksono itu benar adanya. Ia optimistis, bahwa Golkar di bawah kepemimpinan Agung Laksono akan dapat mencairkan suasana di DPR dan sekaligus menjadi mitra yang kritis terhadap Pemerintah Jokowi - JK. Sehingga gerak roda pemerintahan di negara ini menjadi berjalan lancar.

Selain itu, Imam Suroso juga mengapresiasi pernyataan Agung Laksono yang mengatakan, bahwa Partai Golkar yang dipimpinnya akan mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada langsung. Menurutnya subtansi Perppu Pilkada Langsung menjamin hak demokrasi rakyat.

Sebelumnya, Agung Laksono mengatakan tidak ada yang keliru didalam pemilihan langsung, kalau ada aturan-aturan yang perlu diperbaiki, maka diperbaiki bersama tapi jangan mereduksi demokrasi rakyat.

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014