ASEAN dan Tiongkok, memegang peran penting, bagi kawasan lain, terutama di Asia Pasifik
Beijing (ANTARA News) - Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Zhang Ming mengatakan ASEAN dan Tiongkok akan saling membutuhkan dan mendukung satu sama lain, di berbagai bidang.

"Kemitraan strategis antara ASEAN dan Tiongkok yang telah berjalan satu dekade, beserta beragam capaiannya, menjadi bukti hubungan yang semakin baik antara kedua pihak," katanya, pada malam resepsi peringatan HUT ke-3 Pusat ASEAN-Tiongkok di Beijing, Senin malam.

Ia mengatakan hubungan dan kerja sama yang baik antara ASEAN dan Tiongkok saat ini sangat penting dalam mendukung terciptanya stabilitas keamanan dan kemakmuran kawasan tidak saja Asia, tetapi juga Asia Pasifik.

"ASEAN dan Tiongkok, memegang peran penting, bagi kawasan lain, terutama di Asia Pasifik. Karena itu, kedua pihak akan terus komitmen dan konsisten dalam menjaga dan meningkatkan hubungan serta kerja sama yang baik di berbagai bidang, atas dasar saling menghormati dan saling percaya, serta saling menguntungkan," tutur Zhang Ming.

Capaian penting dalam hubungan ASEAN dan Tiongkok antara lain adanya dukungan ASEAN terkait pembangunan jalur sutra maritim abad 21 yang digagas Tiongkok.

"Kerja sama maritim antara kedua pihak, termasuk dalam pembangunan jalur sutra maritim abad 21 tidak saja akan menguntungkan Tiongkok, tetapi seluruh negara yang dilalui jalur tersebut, termasuk negara-negara ASEAN, dan ini menunjukkan betapa kedua pihak saling membutuhkan dan mendukung," ujarnya.

Zhang Ming menambahkan, keterhubungan antara ASEAN dan Tiongkok akan meningkatkan volume perdagangan, arus investasi dan jumlah kunjungan wisatawan antar kedua pihak.

"Tantangan akan selalu ada, tetapi dengan komitmen dan konsistensi untuk memperkokoh hubungan serta kerja sama yang telah berjalan baik, maka ASEAN dan Tiongkok akan mampu menjadi kekuatan kerja sama yang tidak saja menguntungkan bagi kedua pihak, tetapi juga stabilitas keamanan serta kemakmuran kawasan yang lebih luas.

Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok Ma Mingqiang mengatakan lembaga yang dipimpinnya merupakan lembaga pemerintah antara negara-negara ASEAN dan Tiongkok yang menjadi pusat informasi, pusat kegiatan, untuk mempromosikan serta memajukan hubungan baik kedua pihak, terutama kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, investasi, perdagangan dan pariwisata.

"ASEAN merupakan mitra strategis bagi Tiongkok, sehingga Tiongkok akan senantiasa menjalin hubungan baik serta kerja sama yang baik dengan ASEAN, di berbagai bidang," ujarnya.

"Tahun 2014 merupakan awal bagi dimulainya kemitraan strategis yang lebih bermakna di tahun-tahun mendatang, sejak kemitraan strategis ASEAN dan Tiongkok dijalin pada sepuluh tahun silam," ujar Sekjen Ma Mingqiang.

Ia menambahkan,"tantangan akan selalu ada terlebih dengan dinamika internasional yang semakin dinamis. Tetapi yakinlah bahwa kerja sama yang kita lakukan akan semakin kuat dan dalam, demi masa depan yang lebih baik". 

Pewarta: Rini Utami
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014