Kupang (ANTARA News) - Sejumlah pusat pembelajaan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak malam Natal hingga Kamis, (25/12) petang tutup sebagai bentuk penghormatan terhadap umat Kristiani yang merayakan hari kelahiran Yesus Kristus.

Pantauan ANTARA, Kamis siang di Jalan Achmad Yani, supermarket Rukun Jaya yang setiap hari ramai dikunjungi nampak tutup dan area parkir terlihat sepi.

Situasi serupa juga terjadi di pusat perbelanjaan Barata yang terletak di Jalan Muhmmad Hata, kecuali segelintir warga yang masuk dan keluar dari rumah sakit umum Prof.WZ. Johanis Kupang yang letaknya berhadapan dengan langsung dengan pusat pembelanjaan ini.

Hal serupa nampak pada Rumah Toko (Ruko) Oebobo yang letaknya berhadapan langsung dengan pasar tradisional Oebobo Kota Kupang, hanya dua dari 80 petak ruko yang menjual Sembako yang dibuka untuk memenuhi permintaan konsumen.

Demikian pula pusat perbelanjaan Flobamora Mall dan sarana perbelanjaan lainnya yang mengelilingi Mall yang terletak di Jalan Lalamentik Oebufu Kota Kupang juga nampak tidak ada aktivitas seperti malam minggu sebelumnya.

Manager Penjualan Flobamora Mall, Robby Kase, mengatakan sejak malam Natal hingga Natal kedua, pihak pengelola meminta agar menutup satu-satunya pusat pembelanjaan terlengkap ini.

"Keputusan ini sangat tepat karena bertepatan dengan hari raya Natal dimana dari ribuan karyawan dan karyawati yang berkarya di pusat pembelanjaan ini sekitar 70 persen beragama Kristen Katolik dan Protestan, sehingga perlu ada sikap toleransi," katanya.

Menurut dia, aktivitas di tempat jual beli ini diperkirakan akan kembali dibuka pada Jumat (26/12) pukul 10.00 Wita untuk melayani konsumen yang ingin berbelanja untuk kebutuhan menyambut Tahun Baru 2015.

Pewarta: Hironimus Bifel
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014