Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 100 petugas keamanan dan 150 petugas kebersihan dikerahkan di Monumen Nasional (Monas) pada malam tahun baru 2015, demikian disampaikan Kepala Unit Pengelola (UP) Monas Rini Hariyani.

Rini mengatakan langkah tersebut sebagai antisipasi membludaknya pengunjung yang akan memadati kawasan Monas.

"Seperti malam tahun baru sebelumnya, pengunjung di Monas pasti membludak. Maka untuk menjaga keamanan kami tingkatkan jumlah petugas keamanan," kata Rini saat dihubungi Antara, Rabu.

Menurut Rini, petugas keamanan tersebut belum termasuk pasukan dari kepolisian yang juga turut membantu menjaga keamanan di kawasan Monas.

"Kami juga menambah jumlah personel dari petugas kebersihan agar besok paginya kawasan Monas bisa kembali bersih dari sampah-sampah," ujar Rini.

Untuk menjaga kenyamanan pengunjung, lanjut Rini, Monas juga menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) agar tidak masuk ke dalam kawasan Monas sejak Rabu pagi.

"Di pintu-pintu gerbang Monas kami upayakan melarang masuk pedagang kaki lima agar tidak masuk ke dalam kawasan Monas," kata Rini.

"Harapannya nanti di kawasan Monas bersih dari PKL sehingga pengunjung nyaman tetapi kan PKL pintar, jadi harapannya bisa ditertibkan. Setidaknya kami upayakan jumlahnya berkurang," tambah Rini.

Menurut Rini, Monas tidak menargetkan jumlah pengunjung yang akan memadati kawasan tersebut.

"Kami tidak menargetkan jumlah pengunjung. Tapi dari pagi sudah ramai dan pasti akan membludak nanti malam. Biasanya sampai sore ini sudah ramai sekali tetapi karena hujan mungkin puncak ramainya baru nanti malam," jelas Rini.

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014