Memang jumlah personil kepolisian di Kabupaten Nunukan ini masih sangat minim tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada,"
Nunukan (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, AKBP Christian Tory, mengungkapkan jumlah personil di daerahnya masih sangat minim dan jauh dari ideal.

"Memang jumlah personil kepolisian di Kabupaten Nunukan ini masih sangat minim tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada," ujar dia di Nunukan, Sabtu.

Minimnya personil tersebut, maka setiap orang anggota kepolisian harus mengawasi dan melayani sekitar 569 warga otomatis mengalami kendala dan kesulitan dalam pemberian pelayanan, kata dia.

Ia mengakui, pihaknya tidak mampu mengawasi secara maksimal segala aktivitas dan dinamika yang terjadi di tengah-tengah masyarakat setempat sehubungan dengan kekurangan personil tersebut.

"Kami belum bisa memantau satu per satu segala aktivitas dan kondisi yang berlangsung di tengah-tengah masyarakat," tegas Christian Tory.

Oleh karena itu, dia meminta seluruh komponen masyarakat membantu tugas-tugas kepolisian mulai dari hal-hal terkecil hingga berskala besar agar seluruh persoalan dapat diakomodir.

Saat ini jumlah aparat kepolisian di Kabupaten Nunukan baru 427 personil yang tersebar pada sejumlah polisi sektor di kecamatan ditambah 71 personil anggota polisi yang baru lepas pendidikan yang terdiri dari delapan polisi wanita dan 63 polisi laki.

Jika ditotalkan, jumlah personil kepolisian di daerah itu sebanyak 498 orang yang mengawasi 190 ribu penduduk Kabupaten Nunukan.

Menurut Kapolres Nunukan, idealnya setiap aparat kepolisian mengawasi hanya 150 orang masyarakat.

Pewarta: M Rusman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015