Beijing (ANTARA News) - Pemerintah Tiongkok pada Senin memberangkatkan kapal penyelamat Nan-hai-jiu 101 untuk membantu mencari kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya ke Singapura yang jatuh di Selat Karimata, Minggu (28/12).

Kementerian Transportasi Tiongkok di Beijing menyatakan, kapal Nan-hai-jiu 101 diberangkatkan dari Kota Haikou di wilayah selatan Tiongkok menuju lokasi ditemukannya beberapa bagian pesawat AirAsia QZ8501.

"Diperkirakan kapal akan sampai ke lokasi dalam tiga atau empat hari ke depan," demikian pernyataan Kementerian Transportasi Tiongkok.

Tiongkok dalam misi penyelamatan itu melibatkan tujuh orang ahli yang membawa beragam peralatan pemindai dan penentu sasaran.

Selain Nan-hai-jiu 101, Kementerian Transportasi Tiongkok juga menyiagakan kapal penyelamat Nan-hai-jiu 115 yang kini berada di Kepulauan Yongxing, di wilayah selatan Tiongkok.

"Kami menyiagakan kapal penyelamat lain, sambil terus memantau perkembangan dan permintaan dari Pemerintah Indonesia," demikian Kementerian Transportasi Tiongkok.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015