Jakarta (ANTARA) - Indonesia AirAsia melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan serta kegiatan pembersihan pesawat yang akan digunakan selama periode Lebaran 2024.

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine, mengatakan semua pemeriksaan dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku untuk memastikan pesawat dalam kondisi prima, layak serta siap terbang dengan aman dan nyaman.

“Kegiatan ini meliputi interior dan exterior check seperti area kabin, kokpit, pintu darurat, fan blade, roda pesawat,” katanya dalam siaran pers, Jumat.

Pada periode Lebaran 2024, Indonesia AirAsia menyiapkan 350.000 kursi penerbangan untuk memfasilitasi tingginya permintaan penumpang yang mudik dan berlibur.

Baca juga: Indonesia AirAsia promo tiket rute internasional sambut libur Lebaran

Angka ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemudik yang memilih menggunakan moda transportasi udara. Menurut Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik yang diprediksi pergi menggunakan pesawat mencapai 4,4 juta orang.

Indonesia AirAsia juga akan menyediakan 62 penerbangan tambahan atau sekitar 11.160 kursi. Ini didukung dengan pengerahan sebanyak 25 armada pesawat untuk mengangkut para pemudik selama periode 3-18 April 2024, terutama pada arus puncak mudik yang diperkirakan oleh terjadi pada 5-7 April dan arus balik pada 14-15 April.

Selama periode Lebaran 2024 ini, Indonesia AirAsia mencatat peningkatan penerbangan terbanyak pada rute Jakarta-Bali, yang mengalami kenaikan sebesar 32 persen dibanding hari-hari biasa.

Peningkatan juga terjadi dengan rute Bali-Labuan Bajo yang naik sebesar 15 persen, dan Jakarta-Lampung yang naik 9 persen.

Tidak hanya rute domestik, Indonesia AirAsia juga mencatat peningkatan penerbangan pada rute-rute internasional, seperti Jakarta-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Surabaya, dan Bali-Perth selama periode Lebaran 2024. Masing-masing rute tersebut meningkat 7 persen.

Baca juga: Indonesia AirAsia: Malaysia dominasi kunjungan ke Indonesia 2023

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024