London (ANTARA News) - Pemain Everton Romelu Lukaku menghindarkan timnya menelan kekalahan kelima secara beruntun dengan mencetak gol penyama kedudukan di fase tambahan waktu, untuk membuat timnya bermain imbang 1-1 dengan West Ham United pada putaran ketiga Piala FA pada Selasa (Rabu WIB).

Kelihatannya pertandingan ini akan memperpanjang daftar kekalahan Everton ketika bek tengah West Ham James Collins tidak terkawal, dan mampu mencetak gol melalui sundulan kepala setelah tendangan sudut Morgan Amalfitano ke tiang dekat saat babak kedua baru berlangsung 11 menit.

Namun Lukaku melepaskan sepakan voli yang berujung gol setelah Bryan Oviedo mengirim umpan silang ke kotak penalti. Hasil ini memaksakan pertandingan ulang dimainkan dan menurunkan tensi dan rasa frustrasi yang telah terbangun di Goodison Park serta mengurangi sedikit tekanan di bahu pelatih Everton, Roberto Martinez.

Itu merupakan gol pertama dari tujuh pertandingan penyerang Belgia, Lukaku, yang direkrut dengan biaya transfer 28 jura pound dari Chelsea pada bursa transfer musim panas. Selama ini Lukaku kesulitan untuk menjawab harga mahal itu dengan penampilan menawan musim ini.

"Akan menjadi suatu tindakan kriminal jika kami tersingkir dari ajang piala," kata pelatih Everton Martinez kepada BT Sport.

Everton hanya meraih satu kemenangan dari sepuluh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi, dan berharap gol penyeimbang Lukaku dapat menjadi katalis untuk perbaikan peruntungan saat mereka berhadapan dengan Manchester City di Liga Utama Inggris pada Sabtu.

Hasil ini memperpanjang catatan tidak menang West Ham menjadi empat pertandingan menjelang pertandingan ulang pekan depan di Upton Park, di mana sang pemenang akan berhadapan dengan Doncaster Rovers atau Bristol City.

Bagi pelatih West Ham Sam Allardyce, yang penampilan apik timnya pada awal musim gagal dipertahankan pada beberapa pekan terakhir, kemasukan gol di menit akhir itu merupakan pukulan pahit.

"Kami kecolongan," ucapnya. "Kami kecewa dapat kemasukan gol pada fase akhir pertandingan. Saya puas dengan upaya keseluruhan para pemain namun jika Anda tidak menghukum lawan-lawan Anda ketika Anda memiliki peluang, itu dapat balik menggigit Anda."

Pertandingan lain malam itu juga berakhir imbang, ketika Chesterfield bangkit dari tertinggal 0-2 untuk bermain imbang 2-2 dengan sesama tim strata ketiga Scunthorpe United. Derby County menanti sang pemenang di putaran keempat, sebut Reuters.

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015