Tahun ini kami prediksi musim hujan berada pada posisi normal atau di bawah normal pada saat puncak musim penghujan dalam artian sama dengan tahun lalu atau berada di bawahnya,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi intensitas hujan saat puncak musim penghujan tahun 2015 ini akan berada pada posisi normal hingga di bawahnya.

"Tahun ini kami prediksi musim hujan berada pada posisi normal atau di bawah normal pada saat puncak musim penghujan dalam artian sama dengan tahun lalu atau berada di bawahnya," kata Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem BMKG Muhammad Fadli di Jakarta, Senin.

Fadli mengatakan pada puncak musim penghujan tahun ini, intensitas hujan akan berada pada kisaran sedang hingga lebat dengan kelembaban 20 mm hingga diatas 50 mm per hari atau berada dibawahnya.

Dengan kondisi cuaca seperti itu, katanya, diprediksi banjir yang kerapkali melanda Ibu Kota dan kota-kota lain di Indonesia ada kemungkinan sama atau lebih ringan dari tahun sebelumnya.

Lebih lanjut Fadli menjelaskan puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada pertengahan Januari hingga awal Februari pada tahun ini tidak akan terjadi serempak di semua tempat dalam satu waktu.

"Walau puncak musim hujan diprediksi dari pertengahan Januari hingga awal Februari, namun tidak akan serempak terjadi dalam satu waktu. Seperti Pulau Sumatera, beberapa tempat sudah masuk puncak musim penghujan dengan ditandai banjir seperti Aceh," kata Fadli.

Walaupun BMKG memprediksi curah hujan tahun ini sama sampai di bawah dari intensitas tahun lalu, mereka tetap mengharapkan masyarakat tetap waspada dan siap dengan segala kemungkinan yang terjadi.

"Walaupun prediksinya sama atau di bawah kami harap masyarakat tetap siap dan siaga dengan segala kemungkinan yangterjadi," ujar Fadli.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015