Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku akan mengikuti konsep kota Chicago di Amerika Serikat dalam membenahi ibukota.

"Pada awalnya, kota Chicago hampir sama semrawutnya seperti Jakarta, terlalu banyak gedung bertingkat. Tapi kemudian pemerintahnya mengambil langkah untuk membangun sistem transportasi," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, langkah strategis yang diambil pemerintah Chicago dalam membenahi kotanya saat itu adalah membangun moda transportasi Light Rail Transit (LRT).

Jenis transportasi tersebut dibangun jauh di atas permukaan tanah atau jalur melayang di antara gedung-gedung pencakar langit di kota tersebut.

"Rencananya, kita juga mau membuat model transportasi yang seperti itu. Kita tahu ruas jalan di sini (Jakarta) sudah terlanjur sempit, dan LRT itu tidak akan memakan ruas jalan," ujar Ahok.

Mantan Belitung Timur itu mengaku saat ini masih terus membahas konsep transportasi untuk diterapkan di Jakarta.

"Untuk pembangunan LRT, saat ini kita masih berada dalam tahap pembuatan desain rute yang dilakukan oleh dua BUMD DKI, yaitu Pembangunan Jaya dan Jaya Konstruksi," kata Ahok.

Selain LRT, Pemerintah Provinsi DKI juga tengah membangun transportasi serupa LRT, yaitu Koridor 13 Busway Transjakarta jenis layang (elevated) yang membentang dari Ciledug hingga Tendean.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015