...jangan gentar, dan berpikirlah senantiasa bahwa anda mampu meraih kemenangan, meski kami tahu bahwa pertandingan ini tidak juga mudah
Madrid (ANTARA News) - Kalah tetaplah kalah, karena itu perlu asa penebusan dengan berjuang meraih kemenangan meski jalan terjal menghadang sebagaimana kini dihadapi skuat Atletico Madrid manakala menghadapi Barcelona. Ini duel dua tim yang sama-sama menyimpan energi pembebasan.

Atletico Madrid menelan kekalahan satu gol tanpa balas ketika menghadapi Barcelona di pertemuan pertama yang dihelat di Camp Nou.

Langsung membenahi diri, Atletico segera merespons Barcelona dalam leg II perempat final Copa del Rey yang digelar di Estadio Vicente Calderon, Madrid pada Rabu atau Kamis dini hari, pukul 03.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan MNC TV.

Pasukan Catalan jelas bukan pasukan kacangan. Taruhannya, nama besar Lionel Messi sebagai pesepakbola mentereng sejagat. Secara keseluruhan, skuat asuhan pelatih Luis Enrique dilanda sarat kepercayaan diri setelah mengaramkan Elche dengan skor telak 6-0 di ajang La Liga pada Sabtu pekan lalu.

Hanya saja Enrique tidak ingin langsung gegabah. Ia mengingatkan kepada seluruh anak asuhannya agar tetap mewaspadai semangat membara anak-anak asuhan pelatih Diego Simeone, terlebih merujuk kepada laga kedua tim di ajang Liga Champions musim lalu.

"Saya ingat betul laga antara Barca melawan Atletico di ajang Liga Champions," kata Enrique dalam laman resmi Barcelona jelang duel di ajang Copa del Rey.

"Mereka (skuat Atletico) pastinya bakal tampil bersemangat dengan kekuatan penuh karena mereka bertanding di hadapan fans mereka sendiri."

"Karena itu, jangan gentar, dan berpikirlah senantiasa bahwa anda mampu meraih kemenangan, meski kami tahu bahwa pertandingan ini tidak juga mudah. Jelas kami tidak ingin berspekulasi mengenai hasil laga nanti. Kekeliruan sedikit saja bakal menjadi malapetaka."

Selain meniup kepercayaan diri, Enrique menghadapi dilema seputar kesiapan Luis Suarez untuk turun di "starting line-up". Ini lantaran Messi dan Neymar sama-sama telah membuahkan gol.

Kalau saja Suarez  tidak diturunkan, maka posisi itu akan diisi oleh Dani Alves, Andres Iniesta dan Sergio Busquets. Tiga nama pemain ini siap bertanding menghadapi Atletico. Bek Jeremy Mathieu tidak cukup fit turun bertanding, meski Enrique menampik rumor bahwa Ivan Rakitic mengalami cedera.

Sementara itu, Diego Simeone menghadapi sedikit masalah soal posisi Fernando Torres, mengingat Mario Mandzukic dan Antoine Griezmann tampil gemilang menempati posisi lini depan.

Mandzukic menjadi top-scorer bagi Atletico selama musim ini, sedangkan Griezmann mencetak dua gol ketika Atletico menang 3-1 atas Rayo Vallecano di ajang La Liga pada pekan ini. Hanya saja, lini depan Atletico tidak diperkuat oleh Diego Godin yang terkena larangan bertanding.    

Data dan fakta:

Atletico Madrid:

* Diego Simeone menaruh kepercayaan penuh kepada kiper Jan Oblak dalam laga Copa del Rey.
* Lini pertahanan akan diisi oleh Jose Gimenez dan Miranda, mengingat pemain timnas Uruguay Diego Godin belum keluar dari suspensi.
* Koke dilaporkan masih berkutat dengan cedera, sementara Raul Garcia bakal menempati lini gelandang Los Colchoneros, dengan mempertimbangan posisi Torres.

Barcelona:
* Luis Enrique terbilang punya skuat yang terbebas dari pemain cedera. Sejumlah pemain Blaugrana diistirahatkan ketika menghadapi Elche.  
* Xavi sepenuhnya fit dan siap bertanding. Hanya saja, ada pemain lain yang bisa saja diturunkan, yakni  Andres Iniesta and Ivan Rakitic.
* Luis Suarez siap memperkuat trio ofensif yang selama ini ditempati Lionel Messi dan Neymar.
* Barcelona telah meraih 12 dari 14 pertandingan di ajang Copa del Rey.   
* Barcelona telah mencapai clean sheet dalam tiga laga terakhir di Copa del Rey.
* Barcelona tidak terkalahkah dalam 13 laga dari 14 pertandingan melawan Atletico di semua kompetisi.

Prakiraan susunan pemain:

* Atletico Madrid (4-2-3-1):

Oblak (penjaga gawang), Siquera, Gimenez, Miranda, Juanfran, Suarez, Gabi, Koke, Griezmann, Arda, Torres
Pemain cadangan:
Moya, Raul Garcia, Mandzukic, Jimenez, Saul, Gamez, Cani. Pemain absen: Godin

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang), Alves, Pique, Mascherano, Alba, Rakitic, Busquets, Iniesta, Messi, Suarez, Neymar
Pemain cadangan:
Xavi, Pedro, Rafinha, Sergi, Adriano, Masip. Pemain  absen: Vermaelen (cedera)

 Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Atlético Madrid: W L W D L


24/1/15  Atlético Madrid  3 - 1 Rayo Vallecano
21/1/15  Barcelona 1 - 0 Atlético Madrid
18/1/15  Atlético Madrid 2 - 0 Granada
15/1/15  Real Madrid  2 - 2 Atlético Madrid
11/1/15  Barcelona 3 - 1 Atlético Madrid

* Barcelona: W W W W W

24/1/15 Elche 0 - 6 Barcelona
21/1/15 Barcelona 1 - 0 Atlético Madrid
18/1/15 Deportivo La Coruña 0 - 4 Barcelona
15/1/15 Elche 0 - 4 Barcelona
11/1/15 Barcelona 3 - 1 Atlético Madrid

Head To Head:
 
* 21/1/15 Barcelona 1 - 0  Atlético Madrid
* 11/1/15 Barcelona 3 - 1  Atlético Madrid
* 17/5/14 Barcelona 1 - 1  Atlético Madrid
* 9/4/14  Atlético Madrid 1 - 0 Barcelona
* 4/1/14  Barcelona 1 - 1 Atlético Madrid

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Atlético Madrid  1 - 2 Barcelona (20 persen)
* Atlético Madrid  0 - 2 Barcelona (12 persen)
* Atlético Madrid  1 - 3 Barcelona (9 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Barcelona bakal bertanding dengan kepercayaan diri penuh karena mampu meraih enam kemenangan, sementara Atletico hanya meraih tiga kemenangan dalam periode yang sama.
* Los Colchoneros telah pulih benar dan siap memberi perlawanan kepada Barca apalagi pertandingan ini diadakan di hadapan fans sendiri di Calderon.
* Empat kemenangan di Estadio Vicente Calderon menjadi modal utama bagi skuat Enrique.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Atletico: 1
* Barcelona: 1 

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015