... mengeluhkan kendala pembebasan lahan, biaya energi yang tinggi, serta kendala distribusi...
Jakarta (ANTARA News) - Delegasi Kamar Dagang dan Industri Jepang (Japanese Chambers of Commerce and Industry/JCCI) mengeluh ke Presiden Joko Widodo terkait kendala-kendala investasi di Indonesia.

"Dalam pertemuan tadi mereka mengeluhkan kendala pembebasan lahan, biaya energi yang tinggi, serta kendala distribusi," kata Menteri Perindustrian, Saleh Husin, usai mendampingi Jokowi, menerima delegasi JCCI, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Delegasi Jepang sejumlah 30 orang dipimpin Ketua JCCI, Akio Mimura, ini juga mengundang Jokowi berkunjung ke Jepang. Jepang satu dari tiga besar investor mancanegara di Tanah Air, di antaranya pada produk otomotif yang merajai pasar Indonesia. 

Husin mengatakan, mereka berharap pemerintah membuat kebijakan agar ada jalan keluar untuk bisa menghilangkan hambatan investasinya, sehingga bisa memperkuat daya saing produk Indonesia.

Dia juga mengungkapkan, dalam pertemuan ini juga diungkapkan rencana pemerintah membangun pembangkit listrik 35.000 MegaWatt agar krisis energi bisa teratasi.

Husin mengatakan, pertemuan itu hanya membicarakan masalah umum saja. "Untuk masalah teknis nanti bagian kami untuk dibicarakan di kementerian," katanya.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015