Bata, Equatorial Guinea (ANTARA News) - Dua tim kuat benua Afrika, Pantai Gading dan Ghana akan berduel pada final Piala Afrika yang akan digelar Minggu esok di Bata, Equatorial Guinea.

Berikut lima fakta pertemuan antar kedua tim tersebut dilansir dari AFP:
 
1. Pantai Gading dan Ghana adalah negara dari kawasan Afrika Barat yang telah bertemu sembilan kali pada Piala Afrika. Ghana memenangkan lima laga sementara Pantai Gading tiga kali dan satu hasil imbang.

2. Hasil imbang itu adalah pertemuan paling dramatis pada Piala Afrika 1992 karena Pantai Gading menang adu penalti 11-10 setelah berlaga 120 menit tanpa gol di Dakar, Senegal.

3. Pantai Gading dan Ghana hanya berselisih dua tingkat dalam peringkat FIFA untuk negara Afrika. Pantai Gading pada peringkat tiga sementara Ghana menempati peringkat lima.

4. Pantai Gading dan Ghana memiliki kesamaan dalam jumlah mencetak gol. Ghana mencetak lima gol pada tiap babak pertama, sementara Pantai Gading mencetak empat gol pada babak pertama dan menjadi lima gol setelah babak kedua.

5. Ghana lolos ke putaran final sebanyak delapan kali dan empat diantaranya menjadi juara, sedangkan Pantai Gading hanya sekali juara dan dua kali kalah pada penentuan juara ketiga Piala Afrika.



Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015