Kepala daerah memegang peranan penting dan teman-teman dinas hanya bagian perencana,"
Bandung (ANTARA News) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan mengajak pemerintah daerah konsisten melaksanakan pembangunan rencana tata ruang wilayah (RTRW).

"Kepala daerah memegang peranan penting dan teman-teman dinas hanya bagian perencana," kata Ferry di Bandung, Sabtu.

Ferry menjelaskan, faktor inkonsistensi dari kepala daerah yang menyebabkan pelaksanaan RTRW tidak sesuai dengan arah pembangunan.

Kompleksitas permasalahan RTRW, menurut politisi Partai NasDem itu, karena terdapat perbedaan visi maupun misi antara perancang dengan pelaksanaan di lapangan.

"Perencanaan yang terealisasi sebesar 40 persen maka pembangunan tata ruang di Indonesia akan berjalan baik," ujar Ferry.

Ferry mengimbau seluruh kepala daerah di Indonesia menyusun visi dan misi RTRW yang sama dengan perancang.

Ferry menambahkan, kepala daerah juga harus konsisten membangun wilayah contohnya tidak menghentikan proyek di tengah proses pembangunan yang sedang berjalan.

"Hal itu akan berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat dan investor," kata Ferry.

Terkait hal lainnya, Ferry menganalisis pembangunan pada ruang terbuka harus bersifat urban (bergerak) karena sesuai karakter pembangunan di Indonesia.

Ferry menegaskan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN harus hadir di tengah masyarakat guna mengawasi pemanfaatan RTRW guna menghindari konflik yang berpotensi merusak tatanan sosial.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015