Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri RI menawarkan untuk memfasilitasi pengusaha Indonesia yang ingin berekspansi ke luar negeri, demikian disampaikan keterangan pers dari Kemlu yang diterima di Jakarta, Rabu.

Tawaran itu merupakan bagian dari prioritas Kemlu untuk menjalankan kebijakan diplomasi ekonomi, yang juga menjadi visi misi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menindaklanjuti Foreign Policy Breakfast tentang penguatan kemitraan dengan pelaku usaha untuk mendorong diplomasi ekonomi, Kemlu pun telah mengadakan acara Dialog Bisnis dengan pengusaha nasional pada Sabtu (7/2) untuk meningkatkan penetrasi pasar di Amerika Tengah dan Selatan.

Dalam pembukaan acara itu, Direktur Jenderal kawasan Amerika Utara dan Tengah Kemlu RI Ibnu Hadi mengatakan bahwa Dialog Bisnis merupakan kesempatan baik bagi para pelaku usaha lokal dan para pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran.

"Tidak ada pretensi bahwa kami bisa menjawab semua pertanyaan. Karenanya mari saling bertukar pikiran. Kami terbuka untuk semua ide dan masukan," kata dia.

Dialog itu mendapatkan animo yang cukup baik dari pihak swasta, di mana sekitar 20 perusahaan hadir, antara lain Pertamina, KS Energy, Indorama, Musi Mas, Sritex, Wilmar, CV Maju Mapan, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

Pihak Kemlu RI menyatakan akan terus berupaya keras untuk memfasilitasi pengusaha Indonesia dalam mengembangkan usaha ke luar negeri.

Manager Capital Market Pertamina Kornel Hilmawan Soemardi menceritakan kinerja Kemlu RI saat memfasilitasi Pertamina untuk berekspansi ke Irak.

"Saat itu Timur Tengah masih merupakan hotspot. Irak, tempat Pertamina akan mengembangkan usaha saat itu masih belum mempunyai duta besar. Namun, kawan-kawan Kemlu tetap berupaya keras mencari jejaring yang dibutuhkan," ungkap Kornel.

Dia juga menegaskan bahwa pihak-pihak yang difasilitasi oleh Kemlu tersebut adalah mitra produktif.

"Fasilitas perantara ini adalah foreign service yang baru. Jangan ragu untuk melakukan kerja sama dengan bantuan Kemlu," ujar dia.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015