Jakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia menambah jadwal perjalanan mulai 1 April 2015 untuk menyesuaikan perkembangan yang ada, baik dari aspek sarana, prasarana, dan operasional sebagaimana tertuang dalam Grafik Perjalanan Kereta Api 2015.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa menyebutkan rincian penambahan jadwal, yakni 50 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan penumpang, 24 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan penumpang, dan 24 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan barang di Jawa.

Sementara, lanjut dia, PT KAI menambah tujuh "loop" perjalanan KRL dan menambah dua jadwal perjalanan KA Bandara Kualanamu.

"Dengan diberlakukannya Gapek 2015 ini, maka per 1 April 2015, jadwal KA mengalami perubahan," katanya.

Secara garis besar, lanjut dia, pada Gapek 2015 tersebut terjadi penambahan waktu perjalanan baik untuk KA penumpang maupun barang.

"Untuk 44 KA penumpang kelas argo misalnya, penambahan waktu perjalanan rata-rata-rata berkisar 10 menit," katanya.

Dia menjelaskan keterlambatan disebabkan beberapa faktor, di antaranya perubahan jadwal perjalanan KA, penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dari dan ke Jakarta dengan jadwal operasional KRL dan KA lokal.

Selanjutnya perubahan waktu berhenti di beberapa stasiun tertentu untuk kepentingan operasional, pengisian air di stasiun tertentu dan penambahan waktu tempuh untuk lebih menjamin ketepatan waktu.

Selain itu, Edi menambahkan KAI akan menambah kapasitas angkutan penumpang dan barang yang mencapai 280 juta penumpang dan volume angkutan barang sekitar 32 juta ton pada 2014 ditargetkan menjadi 35 persen untuk pertumbuhan angkutan barang sebesar 35 persen, sementara untuk angkutan penumpang ditargetkan tumbuh sebesar 10 persen pada 2015.

"Kami jamin pada 2015 pasti lebih baik," katanya.

Daftar KA penumpang pada Gapeka 2015, contohnya Argo Parahyangan (BD-GMR) kelas Argo, Malioboro Ekpres (ML-YLK) kelas eksekutif bisnis, Jayabaya (ML-SBI-SMT-PSE) ekonomi AC, Cirebon Ekpres (PSE-CN) kelas eksekutif bisnis, Joglo Ekpres (SLO-YK) kelas ekonomi AC, Kamandaka (PWT-TG-SMT) kelas ekonomi jarak menengah, Kedung Sepur (GUB-WLR) kelas KRD Patas, Jenggala (MR-SDA) kelas KRD Ekonomi dan lainnya.

Sementara itu, KA Barang di antaranya nomor KA 2715-2718 jenis semen relasi (CTA-KPB-CTA) kelas KA barang semen, nomor KA 123 jenis parcel relasi (SBI-ML-PWT-KPB) kelas KA barang hantaran, dan lainnya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015