Cirebon (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun di wilayahnya meningkat sampai 130 persen selama libur panjang Hari Raya Nyepi 2024.

 
 
Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul mengatakan lonjakan penumpang paling dominan terjadi pada Selasa (12/3) sore, dengan jumlah mencapai 7.009 orang atau lebih tinggi dari hari biasa yang hanya berkisar 2.000-2.500 penumpang.

 
 
“Puncak arus balik libur panjang terjadi hari ini dengan keberangkatan penumpang dari Daop 3 Cirebon mencapai 7.009 penumpang,” kata Zainul saat dikonfirmasi di Cirebon, Selasa.

 
 
Ia menjelaskan kenaikan tersebut disebabkan karena masa libur panjang segera berakhir, sehingga mayoritas pengguna jasa kereta api memilih melakukan perjalanan ke daerah asal hari ini.

 
 
Jika melihat data, kata dia, rata-rata penumpang yang berangkat dari semua stasiun di Daop 3 Cirebon mengarah ke Jakarta serta sebagiannya lagi menuju Surabaya dan Jember.

 
 
“Ini menjadi rangkaian terakhir libur panjang. Jadi mereka memilih untuk melakukan perjalanannya saat ini,” ujarnya.

 
 
Zainul menyampaikan secara keseluruhan selama masa angkutan libur panjang pada 8-12 Maret 2024, total penumpang yang berangkat di Daop 3 Cirebon tembus di angka 29.702 orang.

 
 
Kemudian, ia menyebut untuk yang turun selama periode itu jumlahnya tercatat sebanyak 30.105 penumpang dari berbagai daerah.

 
 
Menurut dia, banyaknya penumpang ini menunjukkan kalau masyarakat tetap mengandalkan kereta api sebagai moda transportasi untuk perjalanan jarak jauh. Khususnya saat momen cuti bersama Hari Raya Nyepi 2024 yang bertepatan juga dengan awal Ramadhan 1445 Hijriah.

 
 
“Jadi selama libur panjang ini di Daop 3 Cirebon sudah dipadati penumpang. Totalnya baik yang turun atau naik sebanyak 59.807 penumpang,” tuturnya.

 
 
Ia menekankan bahwa PT KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas bagi penumpang, supaya mereka merasa nyaman serta aman saat bepergian memakai kereta api.

 
 
Setelah libur panjang, tambah dia, dalam waktu dekat Daop 3 Cirebon sedang bersiap untuk menghadapi lonjakan penumpang selama musim angkutan mudik Lebaran 2024.

 
 
“Kami akan terus meningkatkan pelayanan bagi penumpang agar mereka tetap berkesan memakai jasa angkutan kereta api. Untuk tiket Lebaran, masyarakat bisa membelinya di seluruh layananan resmi KAI karena jumlahnya masih tersedia,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024