Kami telah membuka penjualan tiket kereta api (KA) mulai tanggal 15 Februari 2024 untuk masa angkutan Lebaran tahun ini
Cirebon (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menyediakan 91.520 tiket penumpang untuk keberangkatan ke berbagai daerah tujuan pada masa angkutan Lebaran 2024.
 
“Kami telah membuka penjualan tiket kereta api (KA) mulai tanggal 15 Februari 2024 untuk masa angkutan Lebaran tahun ini,” kata Vice Presiden PT KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priananda di Cirebon, Sabtu.
 
Ia menyampaikan saat ini jumlah tiket yang tersedia masih sangat banyak, sehingga masyarakat bisa membelinya agar rencana perjalanan memakai jasa angkutan KA terlaksana dengan baik.
 
“Masyarakat dapat membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh saluran resmi pemesanan tiket KA lainnya,” ujarnya.
 
Berdasarkan data sampai Jumat (1/3), kata Dicky, penjualan tiket di Daop 3 Cirebon baru menyentuh 4,6 persen dari jumlah total 91.520 tiket yang disediakan. Angka tersebut diprediksi mengalami peningkatan dalam beberapa waktu ke depan.
 
Menurut dia, berdasarkan data itu rata-rata calon penumpang memesan tiket KA untuk keberangkatan yang mengarah ke daerah Jawa seperti Yogyakarta dan Surabaya.
 
“Untuk lonjakan atau puncak pemesanan tiket di Daop 3 Cirebon, biasanya terjadi pada H-2 menjelang Lebaran,” tuturnya.
 
Ia menjelaskan seluruh tiket itu untuk tiga KA yang berangkat dari stasiun di Daop 3 Cirebon. Rinciannya yakni KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir sebanyak 37.180 tempat duduk.
 
Kemudian, lanjut dia, ada KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember yang tersedia 37.180 tempat duduk serta KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol dan Brebes-Semarang Poncol sekitar 43.560 tempat duduk.
 
Dicky mengemukakan selain menyediakan tiket dalam jumlah banyak, pihaknya juga berkomitmen menyelenggarakan seluruh perjalanan KA secara maksimal supaya penumpang bisa sampai ke daerah tujuan dengan nyaman dan aman.
 
Apalagi, tambah dia, banyak masyarakat sudah memilih jasa angkutan KA sebagai sebagai moda transportasi andalan untuk bepergian.
 
“KAI Daop 3 Cirebon juga menghimbau masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik selama masa angkutan Lebaran 2024,” ucap dia.

Baca juga: KAI Cirebon siapkan 14.210 tiket selama libur panjang Februari 2024
Baca juga: KAI: 70.830 penumpang turun di stasiun Daop 3 Cirebon di libur panjang

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024